TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Investasi yang Patut Kamu Coba Sejak Muda 

Berinvestasilah sedini mungkin agar tidak menyesal nanti

Pixabay.com/Nattanan23

Tidak selamanya kita akan terus bekerja pada suatu perusahaan atau memiliki karier yang bagus. Ada masanya kita akan berhenti bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan lagi dari gaji yang biasanya kita peroleh. Masa itu biasanya disebut sebagai masa pensiun.

Oleh karena itu sejak usia muda, tidak ada salahnya bukan kita mulai mempersiapkan diri dari sekarang? Di usia muda, kita harus mulai memikirkan jenis investasi apa yang harus diambil agar kita tetap hidup sejahtera di hari tua nanti. Bagi kamu yang berencana untuk berinvestasi, inilah lima jenis investasi yang patut kamu coba sejak usia muda.

1. Tanah dan bangunan

Pixabay.com/Guvo59

Berinvestasi pada tanah dan bangunan memiliki berbagai keuntungan di masa yang akan datang. Hal ini karena harga tanah dan bangunan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, jika kamu memiliki sebuah bangunan atau rumah maka, kamu dapat menyewakannya kepada orang lain. Otomatis, kamu akan mendapatkan penghasilan dari harga sewa rumah atau bangunan tersebut. So, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan meski sudah tidak bekerja lagi. 

Baca Juga: Patut Dicoba! Inilah 7 Tips & Trik Investasi untuk Pengantin Baru

2. Saham

Pixabay.com/PIX1861

Salah satu instrumen investasi yang memberikan return cukup tinggi adalah saham. Tidak ada salahnya kamu mulai membeli saham-saham berkualitas selagi harganya masih terjangkau.

Jika suatu saat nanti harga saham yang kamu beli mengalami kenaikan maka, kamu akan mendapatkan keuntungan ketika menjual kembali saham tersebut. Selain itu, kamu juga berpotensi memperoleh deviden jika perusahaan yang kamu miliki sahamnya memperoleh keuntungan.

Keuntungan yang kamu peroleh dari saham dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama ketika kamu sudah pensiun.

3. Asuransi

Pixabay.com/Rawpixel

Jika kamu masih muda, tidak ada salahnya mulai berinvestasi di asuransi. Meski sering dipandang sebelah mata, asuransi memberikan nilai proteksi kepada pemegang polis. Kamu tentu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Siapa tahu, tiba-tiba kamu mengalami sakit atau cacat sehingga tidak dapat bekerja lagi.

Jika memiliki asuransi, maka kamu tidak perlu khawatir dengan masa depan. Kamu memiliki proteksi dan jaminan di hari tua jika terjadi risiko kehidupan.

4. Valuta asing

Pixabay.com/Geralt

Investasi valuta asing dalam bentuk dolar juga akan memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Pada masa muda, kamu dapat mulai berinvestasi dengan cara membeli dollar AS. Kamu dapat menjualnya ketika mata uang dollar mengalami kenaikan signifikan. Meski begitu, kamu harus tetap waspada karena investasi valas sifatnya fluktuatif.

Baca Juga: Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Muda

Verified Writer

Nie Nie

Never stop learning...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya