Comscore Tracker

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Muda

Investasi bukan sekedar menjadi profit secara finansial

Millenial yang saat ini masih berada di usia muda sedang asik-asiknya mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang belum lama dirasakan. Rasa bangga akan produktifitas dan mendapatkan hasil tidak dapat dipungkiri menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Investasi menjadi salah satu tren positif dalam menyisihkan pendapatan. Investasi tentunya dapat menjadi bekal dalam beberapa tahun ke depan. Jadi penghasilan yang didapatkan harus seimbang juga dengan dana untuk diinvestasikan. 

Nah, ini dia 5 manfaat jika kamu sudah mulai berinvestasi di usia muda. 

1. Berinvestasi menjadi salah satu tanda kamu serius dengan masa depan

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Mudaunsplash.com/jr16_photography

Berinvestasi sejak dini berarti kamu mulai mempersiapkan masa depan. Kamu mungkin harus sedikit bekerja keras sejak dini dengan menyisihkan dana untuk kepentingan yang akan datang. 

Secara tidak langsung dengan berinvestasi sejak dini menandakan kamu sudah bersiap dan serius dengan masa depan yang bakal kamu hadapi. Jadi, kamu tidak lagi kaget ketika datang momen untuk menapaki tangga kehidupan yang baru. 

2. Ketika kamu masih muda, resiko yang harus kamu tanggung tidak sebesar ketika sudah berusia matang

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Mudaunsplash.com/philcoffman

Usia muda juga memberikan keuntungan dari segi resiko. Umumnya untuk kalian yang masih berusia dibawah 26 tahun mungkin sedang dalam fase mempersiapkan pernikahan maupun memiliki anak pertama.

Beban yang  ditanggung tentunya belum akan seberat apabila jika sudah berkeluarga dengan anak yang sudah menginjak usia sekolah. Nilai positifnya selagi usiamu masih muda, resiko yang lebih minim akan memudahkanmu dalam berinvestasi. Apalagi jika Investasi tersebut  bisa memberimu lompatan besar dalam karir dan kehidupan. 

Baca Juga: Lakukan 4 Tips Ini Supaya Milenial Tertarik Investasi Properti 

3. Investasi otomatis membantumu dalam melakukan beragam perencanaan

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Mudaunsplash.com/rawpixel

Pernah memiliki rencana untuk berlibur ke Eropa untuk menyaksikan klub sepak bola idola? Atau mungkin ingin menikmati indahnya negara Jepang? Rencana tersebut pastinya ada dalam benak kita semua. Berlibur ke daerah yang jauh tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal, sehingga menabung menjadi opsi yang harus kamu lakukan. 

Berinvestasi dengan menabung dalam jangka waktu tertentu otomatis akan menjadi prioritas dalam membuat perencaan. Jika anggaran sudah dicapai, kamu tinggal mencari waktu saja untuk bepergian. Hal tersebut juga berlaku untuk perencaan lainnya seperti menikah, membeli mobil baru, melanjutkan S2 di luar negeri  dan sebagainya.

4. Berinvestasi sejak dini memberimu profit lebih besar

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Mudaunsplash.com/rawpixel

Dalam investasi dengan jangka waktu lebih lama tentunya jadi keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih besar. Itu dikarenakan nilai Investasi yang sudah kamu setorkan akan memberikan hasil. Dan apabila profit tersebut kamu investasikan kembali maka hasilnya juga bakal jauh lebih besar. 

5. Investasi bisa jadi lawan sepadan untuk melawan gaya hidup konsumtif

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Melakukan Investasi di Usia Mudapixabay.com

Investasi berarti menyisihkan pendapatan untuk mempersiapkan masa depan. Otomatis dengan menyisihikannya, porsi anggaran belanjamu semakin terbatas. Hal tersebut sangat penting untuk hidup lebih hemat dan sesuai dengan pengeluaran. Sehingga kesempatan untuk konsumtif bisa kamu minimalisir bahkan dihindari. 

Jadi tunggu apa lagi? Segeralah menyisihkan pendapatanmu dan berinvestasi.

Baca Juga: Bikin Untung, 5 Tipe Mobil Ini Berpotensi Dijadikan Investasi  

Dimas Ridody Photo Verified Writer Dimas Ridody

Mencoba dulu, hasil belakangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You