TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sistem Check-In di Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Mati, Ini Sebabnya

Sistem check-in kembali berfungsi normal pukul 04:50 WIB

(Ilustrasi Terminal 3 Soekarno-Hatta) IDN Times/Uni Lubis

Jakarta, IDN Times - Bagi kalian yang ingin bepergian menggunakan transportasi udara pada Jumat pagi (23/8) apakah sempat mengalami hambatan di Bandara Soekarno-Hatta? Yup, hal tersebut memang disebabkan sempat matinya sistem check-in di Terminal 3 Bandara Soetta. 

Konfirmasi diperoleh dari Plt Vice President Corporate Communication Angkasa Pura II, Dewandono Prasetyo Nugroho pada pagi ini. Ia mengatakan gangguan sudah terjadi sejak pukul 03:30 WIB dan kembali berfungsi normal pada pukul 04:50 WIB. 

"Sistem check-in hanya terjadi pada tiga penerbangan internasional. Sistem check-in untuk penerbangan rute domestik tetap aman dan berfungsi normal," kata Dewandono melalui keterangan tertulis pada hari ini. 

Lalu, apa penyebab matinya sistem check-in di Terminal 3 Bandara Soetta pada dini hari tadi? Sebab, hal tersebut tentu mengganggu calon penggunan pesawat udara. 

Baca Juga: 5 Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji  

1. Angkasa Pura II menyebut ada satu switch data yang keliru

IDN Times/ Helmi Shemi

Menurut Direktur Angkasa Pura II, Awaluddin penyebab sempat matinya sistem check-in di keberangkatan internasional karena ada sistem di switch data yang fault (rusak) sehingga menyebabkan traffic flooding. 

"Pada posisi jam 04:50 operasi sistem check-in sudah kembali normal," ujar Awaluddin kepada IDN Times pada pagi ini melalui pesan pendek. 

Ia pun mengakui memang sempat ada penerbangan yang tertunda sekitar 50-55 menit. Namun, ia menjamin kondisi saat ini sudah kembali normal sepenuhnya. 

2. Akibat sistem check-in sempat mati, tiga penerbangan internasional sempat terdampak

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Menurut Awaluddin, akibat sistem check-in yang mati itu mengakibatkan tiga penerbangan rute internasional terdampak. 

"Mereka mengalami delay sekitar 50-55 menit," kata Awaluddin lagi. 

Ia memastikan situasi serupa tidak terulang. Oleh sebab itu, Angkasa Pura II masih mengawal dan memonitor dengan dekat sistem check-in

Ia turut menjelaskan Terminal 3 memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan pemulihan secara cepat apabila terjadi gangguan. 

Baca Juga: Ini Alasan Garuda Indonesia Bantah Soal Kebangkrutan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya