TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar UMP Yogyakarta 2022, Dulu Terendah se-Indonesia

Kini, UMP Yogyakarta menyalip UMP Jawa Tengah

ilustrasi kota Yogyakarta (unsplash.com/farhanabas)

Jakarta, IDN Times - Pada 2022, Upah Minimum Regional (UMR) mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Yogyakarta merupakan satu di antara wilayah yang menetapkan kenaikan UMR di seluruh kabupaten.

Informasi seputar gaji UMR cenderung dijadikan patokan oleh masyarakat, terutama mereka yang sedang mencari kerja maupun yang telah bekerja di perusahaan maupun pabrik. Istilah UMR telah diubah secara resmi menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten. Meski begitu, tak sedikit yang tetap menyebutnya dengan UMR.

Baca Juga: 7 Tips Hemat buat Kamu si Gaji UMR, Biar Bisa Nabung dan Investasi

1. Kenaikan UMP Yogyakarta 2022

ilustrasi kota Yogyakarta (unsplash.com/jauzax)

Pada 19 November 2021, Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengumumkan kenaikan UMP Yogyakarta 2020. Aturan gaji ini tercatat dalam Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 372/KEP/2021 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Tahun 2022.

UMP Yogyakarta 2022 mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni sekitar Rp75 ribuan atau 4,30 persen. Ini berarti UPM Yogyakarta 2022 berada di urutan kedua terendah se-Indonesia, yaitu Rp1.840.915,53.

Baca Juga: Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahu

2. Pernah jadi daerah dengan UMP terendah

ilustrasi orang membatik (unsplash.com/camerale)

Selama beberapa tahun, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai daerah dengan upah minimum terendah secara nasional. Pada 2021, Yogyakarta memiliki UPM sebesar Rp1.765.000 per bulan.

Di tahun 2022, selain mengumumkan kenaikan UPM Yogyakarta secara resmi, Sri Sultan juga menerbitkan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 373/KEP/2021 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2022.

Kota Yogyakarta masih menyandang status sebagai UMK tertinggi di DIY. Sementara itu, Kabupaten Gunungkidul berada di urutan terendah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya