Comscore Tracker

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahu

Jangan ragu untuk meminta gaji lebih

Mendapatkan gaji yang sesuai dengan beban kerja merupakan impian semua orang. Hanya saja, tak sedikit yang melewatkan kesempatan menegosiasikan gaji lebih tinggi saat interview kerja. Rasa sungkan untuk meminta gaji lebih hingga bingung menentukan kisaran gaji yang pantas diterima menjadi alasan dibalik sulitnya menjawab pertanyaan terkait tawaran gaji.

Menegosiasikan gaji itu gampang-gampang susah. Karenanya, kamu harus menyusun strategi yang tepat untuk mendapatkan gaji yang diinginkan. IDN Times telah merangkum 8 cara nego gaji saat interview yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Kenali Red Flag Perusahaan saat Interview, Perhatikan!

1. Lakukan riset

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan melakukan riset (pexels.com/edward-jenner)

Cara nego gaji saat interview adalah dengan melakukan riset mengenai perusahaan yang dilamar sebelum menghadiri wawancara kerja. Tak hanya untuk mencari informasi tentang perusahaan atau deskripsi pekerjaan, tujuan dilakukannya riset ini adalah untuk mengetahui kisaran gaji yang bisa kamu peroleh bila diterima kerja di perusahaan itu. 

Kamu juga perlu mencari tahu UMR daerah tempat kerjamu dan gaji dari posisi yang sama di perusahaan lain. usai melakukan riset, kamu akan mendapatkan gambaran tentang jumlah gaji di posisi yang kamu lamar dan kisaran gaji yang bisa kamu ajukan saat wawancara dengan HRD.

2. Sesuaikan dengan kemampuan

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan disesuaikan kemampuan (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Selain kisaran gaji di posisi yang kamu lamar dan UMR daerah, faktor lain yang mempengaruhi besaran gaji adalah kemampuan. Menyesuaikan gaji dengan keahlian yang dimiliki membuka peluang untuk mendapatkan gaji di atas standar.

Bila merasa kemampuan yang kamu miliki setara dengan beban kerja dan gaji yang ditawarkan, maka langkah berikutnya adalah meyakinkan HRD bahwa kamu kandidat yang kompeten.

Cara ini bisa kamu mulai dengan menyebutkan pengalaman, pencapaian, kemampuan dan keahlian, dan prestasi yang kamu miliki. Hal ini akan menjadi pertimbangan HRD dalam menentukan apakah kamu cocok untuk mengisi posisi yang dilamar.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Bank BRI, BTN, BNI dan Mandiri

3. Promosikan kemampuan dan kesampingkan alasan pribadi

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan mempromosikan kemampuan (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Usai menyesuaikan kisaran gaji dengan kemampuan, tahap selanjutnya adalah fokus menjual nilai dan keterampilan yang dimiliki. Selain menjadi dasar negosiasi gaji, pihak perusahaan akan menilai apakah kamu memiliki kinerja yang dibutuhkan perusahaan.

Tak hanya itu, jangan menggunakan alasan pribadi sebagai pertimbangan untuk bernegosiasi. Alasan ini meliputi konflik keluarga, tanggungan biaya hidup, cicilan, hutang, dan masalah pribadi lainnya.

4. Sampaikan gaji terakhirmu

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan menyampaikan gaji terakhir (pexels.com/tima-miroshnichenko)

HRD biasanya menanyakan nominal gaji di perusahaan terakhir kamu bekerja. Hal ini dilakukan sebagai bahan pertimbangan HRD dalam menentukan kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan. Rentang pengalaman dan kealian yang kamu punyai juga memungkinkanmu untuk mendapatkan kisaran gaji yang lebih tinggi dari harapanmu.

5. Hindari mengutarakan nominal gaji sebelum ditanya

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan tidak menyebut nominal gaji (pexels.com/edmond-dantes)

Cara nego gaji saat interview selanjutnya adalah dengan tidak menyebutkan nominal gaji yang kamu harapkan secara terang-terangan. Tunggu hingga HRD selesia menjelaskan tentang sistem kerja, budaya perusahaan, dan gaji, kemudian mengajukan tawaran gaji kepadamu.

Untuk menghindari kesalahan menjawab, cobalah untuk bersikap jujur dan terbuka. Sampaikan informasi yang kamu ketahui berdasarkan riset yang telah kamu lakukan sebelumnya. Yang perlu diingat, jangan bertingkah serba tahu dan sok pintar. Di samping itu, kalahkan perasaan malu dan takut untuk mendiskusikan gaji dengan HRD.

6. Pilih gaji dengan kisaran tertinggi

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan memilih gaji tertinggi (unsplash.com/sharonmccutcheon)

Perusahaan menggajimu berdasarkan kinerja dan kemampuan yang kamu miliki. Namun, salah satu taktik yang umumnya dilakukan HRD terkait penentuan besaran gaji adalah menawarkan gaji dengan kisaran yang paling rendah.

Berbekal riset yang sebelumnya kamu lakukan, tidak ada ruginya jika kamu memilih kisaran gaji yang paling tinggi. Alhasil, kamu dapat terhindar dari peluang  memperoleh gaji yang rendah dan HRD akan memberikan nominal gaji pada kisaran tengah.

7. Urung menerima tawaran pertama

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan urung menerima tawaran pertama (pexels.com/olly)

Tak sedikit perusahaan yang serta merta memberikan penawaran gaji saat tahap wawancara awal. Agar bijak mengambil keputusan, ada baiknya kamu menghindari mengiyakan tawaran itu.

Jangan ragu untuk meminta waktu guna mempertimbangkan tawaran gaji dan mendiskusikannya dengan keluarga. Utarakan maksudmu dengan sopan agar tidak terkesan meremehkan niat perusahaan.

8. Tanyakan keuntungan lainnya

Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahucara nego gaji saat interview dengan menanyakan keuntungan lainnya (pexels.com/gustavo-fring)

Kemungkinan terburuk dalam bernegosiasi adalah menerima gaji dengan batas paling rendah dari ekspektasi gajimu. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada keuntungan lainnya yang bisa kamu tanyakan, seperti bonus, curi, uang lembur, dan asuransi kesehatan.

Setidaknya kamu bisa mengkalkulasikan besaran gaji dan keuntungan yang bisa diperoleh saat diterima nantinya.

Itulah 8 cara nego gaji saat interview yang harus kamu coba. Semoga tips dan strategi bernegosiasi di atas dapat memudahkan kamu mendapatkan gaji yang diekspektasikan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Kunjung Dapat Panggilan Interview Kerja

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya