TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Produk Perhiasan Indonesia Makin Berkilau di Kancah Global

Nilai ekspor barang perhiasan naik 67,7 persen

Nilai Ekspor Memukau, Kinerja Industri Perhiasan Kian Berkilau (Dok. Kemenperin)

Jakarta, IDN Times - Industri perhiasan dalam negeri memiliki potensi besar bersaing di kancah global. Ini karena didukung oleh kreativitas dan inovasi para perajin untuk menghasilkan produk perhiasan yang sesuai dengan tren dan selera pasar.

Bahkan nilai ekspor barang perhiasan Indonesia mengalami peningkatan. Ini menunjukkan minat pasar luar negeri terhadap produk lokal kian positif.

Karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan sejumlah upaya untuk mengembangkan industri ini. Salah satunya, memfasilitasi pelaku industri perhiasan nasional agar dapat berpartisipasi dalam pameran berskala global.

Baca Juga: Keren! Usaha Kecil Ini Sulap Limbah Kaca Jadi Perhiasan Mewah

1. Kontributor penting terhadap penerimaan devisa negara

ilustrasi perhiasan (pexels.com/Maria Eugenia Tavera Perez)

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita mengatakan, kinerja ekspor industri pehiasan di dalam negeri cukup signifikan selama ini.

"Sehingga menjadi salah satu kontributor yang penting terhadap penerimaan devisa negara," kata dia dalam keterangan tertulis Kemenperin, dikutip Selasa (12/3/2024).

Oleh karena itu, dia menambahkan, pemerintah dalam hal ini Kemenperin bertekad untuk terus mendorong pengembangan industri perhiasan di dalam negeri agar semakin berdaya saing global.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Investasi Perhiasan Emas, Pelajari Plus Minusnya!

2. Nilai ekspor barang perhiasan dan berharga naik 67,7 persen

Ilustrasi Ekspor (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemenperin mencatat, nilai ekspor barang perhiasan dan barang berharga dari Indonesia pada Desember 2023 mencapai 547,5 juta dolar AS. Capaian ini meningkat 67,7 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar 326 juta dolar AS.

"Peningkatan ini menunjukkan bahwa sektor industri perhiasan Indonesia memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang di pasar internasional," ucap Reni.

Adapun peluang bisnis industri perhiasan masih prospektif seiring dengan meningkatnya tren penggunaan perhiasan pada aktivitas masyarakat sehari-hari.

"Selain itu, desain perhiasan yang dihasilkan para perajin lokal juga semakin beragam, yakni cenderung lebih minimalis, namun tetap fungsional sesuai dengan permintaan pasar," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya