TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Inovasi Infrastruktur Pengendali Banjir di Provinsi Jawa Barat

Upaya menangani banjir yang kerap terjadi #JabarJuara

Bendungan Kering di Ciawi (jabarprov.go.id)

Banjir menjadi salah satu bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab banjir. Melihat kondisi tersebut, gak heran banyak pemerintah provinsi yang kian gencar melakukan upaya penanganan banjir. Apalagi jika sudah mulai memasuki musim hujan, salah satunya adalah dengan memperbaiki infrastruktur penanganan banjir di titik-titik bencana.

Hal ini juga menjadi fokus utama pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang selama lima tahun terakhir terus memperbaiki dan memberi inovasi baru untuk infrastruktur penanganan banjir. Mulai dari membangun bendungan kering, hingga revitalisasi situ yang banyak terdapat di Provinsi Jawa Barat.

Lalu apa perbedaan infrastruktur pengendali banjir yang satu dengan yang lainnya? Dan apa ada manfaat lainnya untuk masyarakat sekitar? Ini penjelasan lengkapnya demi membangun Jabar Juara!

Baca Juga: 5 Program Unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat

1. Bendungan Cimahi dan Sukamahi

Peresmian proyek bendungan kering (jabarprov.go.id)

Pertama ada Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, sebagai infrastruktur pengendali banjir di Jawa Barat. Bendungan yang mampu menampung kurang lebih 6,05 juta meter kubik air ini, juga menjadi proyek nasional yang diprediksi juga bisa mengurangi banjir hingga wilayah Jakarta loh. Jadi gak hanya Provinsi Jawa Barat saja yang akan merasakan manfaatnya.

Bendungan kering sendiri memang dibuat khusus untuk mengontrol banjir di suatu daerah. Yang membedakan dari bendungan biasa, di bendungan kering dibuat tanpa turbin dan pintu air. Tujuannya untuk membiarkan aliran air mengalir dengan bebas saat kondisinya normal. Dan saat curah hujan sedang tinggi, bendungan kering bisa menahan kelebihan air.

Dilansir jabarprov.go.id, Gubernur Ridwan Kamil juga akan memanfaatkan area bendungan ini sebagai tempat wisata. Hal tersebut dilihat dari segi arsitektural kawasan bendungan Ciawi dan Sukamahi ini, yang sangat bagus dijadikan sebagai objek wisata.

Baca Juga: Alasan Provinsi Jawa Barat Jadi Percontohan Pariwisata Berbasis HAM

2. Situ Rawa Kalong, Depok

Situ Rawa Kalong Depok (jabarprov.go.id)

Kedua ada Situ Rawa Kalong yang terletak di Kota Depok, di mana areanya kini telah direvitalisasi. Sehingga membuat Situ Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok untuk rekreasi karena terdapat pula sejumlah fasilitas, seperti floating deck, taman, hingga alun-alun yang mengapung di atas air.

Namun, fungsi utama dari Situ Rawa Kalong ini tetap menjadi irigasi dan kini berfungsi pula untuk pengendali banjir. Setelah menambah fungsi penting ini, perusahaan di sekitar area Situ Rawa Kalong pun dilarang keras untuk membuang limbah apapun ke area situ. Dan juga untuk para pengunjung agar dapat menjaga kebersihan dan keasrian area situ saat berwisata.

Baca Juga: 3 Infrastruktur Andalan Jabar untuk Atasi Banjir, Warga Sejahtera!

Writer

Sky Jingga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya