TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Airbus Jajaki Kemitraan dengan PT Dirgantara Indonesia

MoU disepakati di sela G20 Development Working Group

Penandatanganan MoU PT DI dengan Airbus. (dok. PT DI)

Jakarta, IDN Times - Airbus menandatangani perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk menjajaki kerja sama atas produksi komponen aerostruktur helikopter dan pesawat militer PTDI.

MoU ini ditandatangani di sela-sela acara G20 Development Working Group yang diadakan di Belitung. Mewakili Airbus adalah Head of Asia-Pacific for Airbus Defence and Space, Johan Pelissier dan Head of Asia-Pacific for Airbus Helicopters, Vincent Dubrule. Sementara PTDI diwakilkan oleh Direktur Utama, Gita Amperiawan.

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk KSAU Marsekal Fadjar Jadi Komisaris Utama PTDI

Baca Juga: PTDI Serahkan Dua Unit Helikopter Medium Intermediate ke Basarnas

1. Mengembangkan bisnis produksi komponen aerostruktur

Pengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

MoU ini akan menaungi kerja sama antara Airbus Defence and Space dan Airbus Helicopters dengan PTDI dalam mengembangkan bisnis produksi komponen aerostruktur.

Kedua pihak akan mengembangkan peta jalan strategis yang mengedepankan daya saing masing-masing dan dukungannya untuk ekosistem penerbangan di Indonesia. Airbus akan mendukung PTDI di bidang yang berkaitan dengan perencanaan sumber daya dan jadwal serta dukungan teknis dan manajemen.

“Airbus adalah mitra strategis kuat yang dapat berkontribusi terhadap transformasi PTDI untuk menjadi pemain utama dalam industri penerbangan di kawasan ini. Dengan menggabungkan kompetensi industri masing-masing, kami yakin MoU ini akan mempertahankan dan memperkuat kerja sama strategis PTDI dan Airbus yang telah terjalin sejak lama,” ujar Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan, dalam keterangannya, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: 6 Fakta Airbus Beluga, Pesawat Kargo dengan Desain Ikonik

2. Menempatkan Indonesia sebagai pasar

PT Dirgantara Indonesia

MoU ini bertujuan untuk menguatkan kerja sama strategis yang tidak hanya menempatkan Indonesia sebagai pasar, tapi menempatkan PTDI ke depan sebagai pelaku industri pesawat terbang yang lebih signifikan dengan berpatokan kepada produk-produk yang menjadi joint collaboration antara PTDI dan Airbus.

“Selain itu, MoU juga bertujuan untuk mendorong peningkatan kapabilitas industri dan pengembangan ekosistem dalam negeri, di mana PTDI sendiri merupakan global supply chain dan integrator terhadap beberapa industri komponen dalam negeri,” kata Gita.

Penandatanganan MoU idisaksikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa dan Menteri Negara Pembangunan dan Kemitraan Internasional Perancis, Chrysoula Zacharopoulou.

Baca Juga: Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina Pakai Airbus A330-200

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya