TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi: Kalau Dulu Indonesia Lockdown, Ekonomi Bisa Minus 17 Persen

Jokowi merasa beruntung

Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo merasa tepat sudah mengambil keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bukan karantina wilayah atau lockdown. Menurutnya, jika saat itu Indonesia mengambil kebijakan lockdown, ia meyakini Indonesia akan alami kontraksi ekonomi hingga minus 17 persen.

Hal itu diungkapkan Jokowi ketika memberikan arahan kepada seluruh Gubernur mengenai percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu 15 Juli 2020.

Baca Juga: Berbagai Cara Korea Selatan Sukses Tangani COVID-19 Tanpa Lockdown

1. Jokowi merasa beruntung mengambil kebijakan PSBB

Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengaku tak bisa membayangkan jika Indonesia mengambil kebijakan lockdown. Ia menuturkan, Indonesia pasti mengalami konstraksi pertumbuhan ekonomi yang besar.

"Saya gak bisa bayangin kalau kita dulu lockdown gitu mungkin bisa minus 17 (persen)," kata Jokowi seperti dikuti tapi situs resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Rabu (15/7/2020).

Dengan memilih kebijakan PSBB, Jokowi merasa beruntung. Alasannya, dengan tidak memilih lockdown, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 2,97 persen.

"Kuartal kedua mungkin kita bisa minus ke 4,3 (persen). Di kuartal pertama kita masih positif 2,97 (persen), 2,97 (persen)," ujar Jokowi

2. Jokowi beberkan pertumbuhan ekonomi negara-negara yang mayoritas terapkan lockdown

Ilustrasi lockdown (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia pun mengatakan perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini akan berubah total. Lalu, dia menjabarkan data prediksi pertumbuhan ekonomi dari negara-negara besar yang mayoritas mengambil kebijakan lockdown.

"Perancis misalnya di angka minus 17,2 persen. Inggris minus 15,4 persen. Jerman minus 11,2 persen. Amerika (Serikat) minus 9,7 persen. Minus semuanya, negara-negara minus, gak ada yang plus semua. Padahal di awal, kita, IMF itu memperkirakan masih plus, (negara) yang plus itu China, India, Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Inspiratif WNI Muslim Berpuasa di Tengah Lockdown Spanyol

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya