TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagaimana Nasib Proyek Strategis Jokowi Usai Tak Jabat Presiden?

Ada 46 proyek masih dalam tahap penyiapan

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menyelesaikan 152 proyek strategis nasional (PSN) sejak 2016 hingga 23 Desember 2022.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo memaparkan, proyek yang sudah rampung itu estimasinya senilai Rp1.033 triliun.

"Kita berhasil mempercepat penyelesaian proyek-proyek, ada sekitar 150, tapi hari ini Bapak Presiden meresmikan 2 bendungan kering di Ciawi dan Sukamahi sehingga totalnya saat ini sudah menjadi 152 proyek yang akumulatif diselesaikan hingga 23 Desember 2023," katanya dalam sebuah acara di Senayan Park, Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Rombak Proyek Strategis Nasional, IKN dan LRT Manggarai Masuk

1. Masih ada 46 proyek dalam tahap penyiapan

Ilustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Wahyu menerangkan, masih ada 46 proyek dan 3 program yang sedang dalam tahap penyiapan. Proyek dalam tahap ini didorong agar dapat diselesaikan proses penyiapannya, proses pengadaan lahannya, proses perizinannya dan penyelesaian pembiayaan (financial closing).

"Sehingga tentunya diharapkan proyek-proyek yang masih dalam tahap penyiapan ini paling tidak sudah masuk ke dalam tahap konstruksi dan bisa dituntaskan, sekiranya tidak bisa selesai di semester I-2024," tuturnya.

2. Pastikan proyek tak mangkrak jika tak rampung di 2024

Ilustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria yang juga menjabat Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) itu menjelaskan, pada intinya pemerintah ingin mendorong pembangunan semua proyek strategis nasional ini bisa selesai paling lambat di 2024.

Itu dapat dicapai dengan catatan sudah selesainya pengadaan tanah, perizinan, dan pembiayaannya.

"Dengan demikian, meskipun mungkin di semester I-2024 ini pekerjaannya belum selesai, tapi proyek-proyek ini akan diteruskan hingga selesai. Jadi tidak ada istilah proyek mangrak yang akan terjadi di tahun 2024," tegasnya.

Baca Juga: Fix Nih! Kantor Pemerintah Pusat Ini Bakal Pindah ke IKN Mulai 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya