TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

WhatsApp dan Facebook Mulai Jadi Pesaing E-commerce

Transaksi e-commerce tak mencapai target

ilustrasi WhatsApp Business (truust.io)

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan social commerce kini menjadi saingan bagi e-commerce. BI tengah mempelajari keberadaan social commerce seperti WhatsApp Business dan Facebook Marketplace.

"Sekarang, tren yang cukup menarik itu social commerce. Itu juga sudah mulai menjadi pesaing e-commerce. Jadi, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook," kata Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, dalam konferensi pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga: Pilihan Promo di E-Commerce Makin Berkurang, Pakar Ungkap Penyebabnya

1. Transaksi e-commerce tak mencapai target BI

IDN Times/ Helmi Shemi

BI mencatat total transaksi e-commerce tak mencapai target yang dipatok oleh bank sentral, yakni sebesar Rp476,3 triliun. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan target yang dipatok, Rp489 triliun.

"Sampai hari ini, data sementara, memang kami lihat e-commerce tercapainya sekitar Rp476,3 triliun, dengan volumenya 3.486 juta. Artinya sedikit di bawah target," ujar Doni.

Baca Juga: Transaksi E-Commerce Diproyeksikan Tembus Rp572 Triliun pada 2023

2. BI pelajari pengaruh social commerce terhadap e-commerce

ilustrasi Facebook (unsplash.com/firmbee)

Ada beberapa faktor yang diperkirakan membuat transaksi e-commerce tak sesuai target pada tahun lalu, salah satunya adalah berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring melandainya kasus COVID-19.

"E-commerce ini kan blessing (untung) ya untuk pada saat mobilisasi rendah. Jadi, kami melihat kemungkinan meningkatnya transaksi offline, itu yang menyebabkan e-commerce turun," ujarnya.

Faktor lainnya yang sedang diteliti adalah keberadaan pesaing e-commerce, yakni social commerce.

"Mungkin ini kaitannya dengan biaya. Saya rasa mungkin jangan-jangan social commerce, kami lagi pelajari apakah biayanya jauh lebih murah," kata Doni.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya