TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demi Stabilkan Rupiah, Cadangan Devisa Oktober Susut 1,33 Persen

Cadev masih di atas standar kecukupan Internasional

Ilustrasi dolar AS (IDN Times/Holy Kartika)

Jakarta, IDN Times - Posisi cadangan devisa (cadev) kembali turun pada Oktober 2023, bila dibandingkan dengan September 2023. Berdasarkan data Bank Indonesia cadev menjadi 133,1 miliar dolar AS  atau turun 1,33 persen yang setara dengan 1,8 miliar dolar AS bila dibandingkan posisi akhir Oktober yang mencapai 134,9 miliar dolar AS. 

Direktur Departemen Komunikasi BI Nita A. Muelgini mengungkapkan, penurunan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh langkah Bank Indonesia untuk menstabilkan rupiah. 

"Penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sebagai langkah antisipasi dampak rambatan sehubungan dengan semakin meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," terang Nita dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023). 

Baca Juga: Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa Susut Jadi US$ 134,9 Miliar

1. Cadangan devisa di atas standar kecukupan internasional

Ilustrasi Cadangan Devisa (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski menurun, Nita mengatakan posisi cadangan devisa tersebut masih kuat dalam mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. 

Cadangan devisa masih berada di atas standar kecukupan internasional yang sekitar tiga bulan impor, atau tepatnya setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 5,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

2. Cadangan devisa memadai dukung stabilitas dan prospek ekonomi terjaga

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Nita optimistis cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga. 

"Seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh oleh BI dalam menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," jelasnya. 

Baca Juga: Wajib Setor DHE Bisa Tambah Cadangan Devisa RI 100 Miliar Dolar AS Setahun

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya