TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ekspor Babi Batam ke Singapura Turun Lebih dari Separuh

Secara kumulatif, ekspor babi ke Singapura masih naik

Penanganan kasus penyebaran demam babi Afrika (African Swine Fever/ASF) di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). (dok. Kementan)

Jakarta, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan pengehentian sementara impor babi dari Batam ke Singapura, berdampak pada turunnya ekspor babi ke negara Singa Putih.

Deputi Bidang Metodologi Statistik dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi, menjelaskan nilai ekspor babi ke Singapura pada April 2023 mengalami penurunan 52,46 persen, dari 4,91 juta dolar AS di April 2022 menjadi 2,85 juta dolar AS di April 2023. Meski begitu, dampaknya tidak terlalu signifikan mempengaruhi ekspor Indonesia.

“Nilai ekspor babi ke Singapura turun 52,46 persen,” kata Imam Machdi dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Kementan: Singapura Mau Buka Lagi Impor Daging Babi dari Batam  

Baca Juga: Diterpa Isu Meningitis, Harga Babi di Tabanan Anjlok

1. Kumulatif ekspor babi Indonesia ke Singapura masih naik

ilustrasi babi (pexels.com/Mali Mae)

Meski begitu secara kumulatif, ekspor babi asal Indonesia ke Singapura di 2023 mengalami peningkatan. Imam mencatat ekspor babi ke Singapura dari Januari-April 2023, naik 22,4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

“Secara kumulatif Januari-April mengalami peningkatan 22,41 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Imam.

2. Singapura mau buka lagi impor daging babi dari Batam

Peternakan babi di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). (dok. Kementan)

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan Singapura akan membuka lagi opsi impor babi dari Pulau Batam. Pernyataan itu, menurut Kementan, diperoleh dari hasil diskusi dengan Singapura atas hasil investigasi temuan kasus demam babi Afrika (African Swine Fever/ASF) di Pulau Batam.

“Pertemuan antara Otoritas Veteriner Nasional Indonesia dengan Otoritas Pangan Singapura (Singapura Food Agency/SFA) telah kita laksanakan pada tanggal 28 April 2023 secara daring melalui zoom meeting," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Nasrullah dikutip dari keterangan resmi, Senin (8/5/2023).

Menurutnya, Singapura menyatakan siap membuka kembali impor babi dalam bentuk karkas dari Pulau Bulan, Indonesia. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya