TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RI Kejar Efisiensi Energi Sektor Maritim, BUMN Turun Tangan

BKI kejar klasifikasi sektor maritim

Holding BUMN jasa survey IDSurvey. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jakarta, IDN Times - Sektor maritim menjadi salah satu fokus pemerintah dalam penerapan efisiensi energi. Dalam pelaksanaannya, pemerintah melibatkan induk Holding BUMN Jasa Survey (ID Survey), PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI untuk menyusun target efisiensi energi, khususnya pada kapal berbendara Indonesia.

Untuk meningkatkan kapabilitas BKI dalam penyusunan itu, pemerintah menugaskan perusahaan untuk bergabung dengan International Association of Classification Societies (IACS). Langkah itu mempertahankan predikat white-list di Tokyo MoU, sustainability dan peningkatan jasa serta layanan industri maritim.

Baca Juga: Menhub Raih Penghargaan atas Kontribusinya Tingkatkan Sektor Maritim

1. BKI targetkan gabung IACS pada akhir 2024

Proses audit PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) BKI untuk pemenuhan IACS Quality System Certification Scheme (QSCS).

Direktur Utama BKI, Arisudono Soerono mengatakan, perusahaan menargetkan proses pengajuan BKI sebagai anggota IACS ditargetkan rampung akhir tahun ini.

“November 2023, BKI berstatus sebagai applicant untuk keanggotaan IACS. Kita semua tentunya berharap proses yang dijalani oleh BKI dapat berbuah hasil terbaik di penghujung tahun ini atau awal tahun depan,” ujar Arisudono dikutip dari keterangan resmi, Senin (22/1/2024).

2. Alasan pemerintah fokus kejar efisiensi energi di sektor maritim

Proses audit PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) BKI untuk pemenuhan IACS Quality System Certification Scheme (QSCS).

Arisudono mengatakan, sektor maritim menjadi salah satu sektor yang berkontribusi terhadap ekonomi dunia karena 80 persen perdagangan internasional diangkut oleh transportasi laut. Melihat besarnya peran sektor maritim, dunia pun fokus menerapkan aspek keberlanjutan (sustainability).

“Ketergantungan kepada sektor maritim, terlebih Indonesia adalah negara kepulauan, membuat kita semua di sini sangat relevan untuk berkolaborasi dalam pencapaian keberlanjutan di industri maritim dalam rangka Empowering Maritime Industries towards Sustainable Shipping,” kata Arisudono.

Baca Juga: 2 Tahun Jadi Holding BUMN, IDSurvey Dapat PR Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya