TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Segini Modal Usaha Angkringan serta Tips dan Peralatannya

Modal tidak lebih dari Rp10 juta

Ilustrasi angkringan BOC (pexels.com/Min An)

Salah satu ide bisnis modal kecil yang saat ini banyak diminati pengusaha-pengusaha pemula adalah bisnis angkringan. Angkringan merupakan model warung makan yang menggunakan gerobak kayu dan bagian atasnya ditutupi terpal.

Namun, saat ini bentuk angkringan lebih bervariasi dengan ditambah meja dan kursi terpisah hingga tikar untuk duduk lesehan. Makanan yang dijual pun beragam, mulai dari nasi kucing, gorengan, aneka sate, hingga berbagai minuman seperti teh, kopi, dan minuman saset.

Bisnis angkringan termasuk salah satu usaha modal kecil. Jika kamu tertarik, berikut rincian modal usaha angkringan beserta peralatan yang dibutuhkan dan tipsnya. Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: 11 Bisnis Franchise Murah di Bawah 5 Juta, Pasti Laris!

1. Modal usaha angkringan

ilustrasi angkringan (dok. IDN Times/Nindias Khalika)

Menentukan modal usaha membuka angkringan sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor, seperti jenis makanan yang ingin dijual, bentuk angkringan, hingga lokasi berjualan. Namun, modal usaha angkringan sederhana hanya membutuhkan biaya sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Modal tersebut dipakai untuk menyediakan gerobak angkringan, terpal, tikar lipat jika diperlukan, meja dan kursi terpisah jika diperlukan, alat masak, dan alat makan. Selain modal tersebut, kamu juga perlu menyiapkan bahan makanan, token listrik, hingga sewa tempat jika menggunakan lahan orang lain.

2. Peralatan usaha angkringan

Ilustrasi gerobak angkringan (instagram.com/angkringan.lovers)

Setelah mengetahui modal usaha angkringan, kamu juga perlu tahu rincian anggaran yang akan digunakan. Ada sejumlah peralatan usaha angkringan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, di antaranya:

  1. Gerobak (Rp3 juta hingga Rp5 juta)
  2. Meja dan kursi terpisah (Rp150 ribu hingga Rp350 ribu per unit)
  3. Alat masak (Rp750 ribu)
  4. Alat makan (Rp400 ribu)
  5. Terpal (Rp250 ribu)

Rincian harga tersebut merupakan perkiraan jika kamu ingin membuka warung angkringan sederhana berskala kecil. Jika usaha mulai berkembang dan pelanggan makin banyak, maka kamu bisa menambah meja dan kursi atau menambah menu makanan.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Usaha Angkringan, Dijamin Laris Manis!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya