TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli, Pebisnis Wajib Tahu

Segmentasi pasar memudahkan pemetaan target konsumen

ilustrasi kerja (Pexels/fauxels)

Menentukan target pasar menjadi langkah penting dalam membangun sebuah bisnis. Pasalnya, sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar apabila hal-hal kecil yang penting tidak diperhatikan. Supaya dapat menemukan konsumen yang tepat demi mendapat laba, pebisnis perlu menentukan segmentasi pasarnya terlebih dahulu.

Perbedaan karakteristik dan kebutuhan tiap konsumen menjadi dasar saat menentukan segmentasi pasar. Lalu, sebenarnya apa sih pengertian segmentasi pasar? Untuk mengetahuinya, yuk simak pengertian segmentasi pasar menurut para ahli yang telah dirangkum IDN Times di bawah ini.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

ilustrasi partner bisnis (Catherineary.com)

1. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

2. Kerin

Segmentasi pasar adalah pemecah atau penyusunan calon pembeli ke sejumlah kelompok. Setiap kelompok dikenal dengan istilah segmen pasar (market segment). Setiap segmen memiliki 12 ciri dan karakteristik yang sejenis jika dikaitkan dengan perilaku pembelian pemasaran.

3. Swastha dan Handoko

Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko, segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix tertentu.

4. Gitosudarmo

Menurut Indriyo Gitosudarmo, segmentasi pasar adalah usaha untuk mengelompok-kelompokkan pasar, dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat homogen.

5. Morrison

Segmentasi pasar merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.

Baca Juga: 5 Contoh Segmentasi Pasar, Penting agar Target Konsumen Tepat Sasaran!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya