Comscore Tracker

3 Strategi Bisnis MC Texstyle, Manjakan Para Pencari Kain Grosir!

Salah satunya adalah menjawab permintaan pelanggan

Jakarta, IDN Times – Setiap perusahaan memiliki strategi penjualannya masing-masing. Di tengah gempuran digitalisasi, tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan media online untuk menjual produknya. Tapi, masih banyak juga perusahaan yang tetap mengandalkan toko offline.

Salah satu perusahaan yang mengandalkan dua instrumen itu adalah MC Texstyle, yaitu perusahaan yang bergerak di bidanng industri tekstil grosir kain. Setelah menjajalkan produknya secara online, kini MC Texstyle telah memiliki toko, selain untuk meningkatkan penjualan juga untuk menjawab permintaan para pelanggan.

1. Memenuhi permintaan pelanggan untuk membuat toko

3 Strategi Bisnis MC Texstyle, Manjakan Para Pencari Kain Grosir!Ilustrasi industri tekstile MC Texstyle (Dok. IDN Times/Istimewa)

Per September 2022, MC Texstyle meresmikan kantor barunya yang beralamat di Jl. Sunter Karya Utara IV Blok G-2 Kavling No. 16, Sunter Agung, Tj. Priok, Jakarta Utara. Toko yang memiliki 3 lantai ini difungsikan sebagai kantor, gudang, dan juga visit store untuk konsumen yang ingin berkunjung langsung ke MC Texstyle.

Pembukaan toko diiringi dengan peningkatan kualitas di berbagai sisi, termasuk kualitas produk, sumber daya manusia (SDM), hingga kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Pemilik MC Texstyle, Manav Chainani, berharap kehadiran kantor ini dapat memenuhi keinginan dari sebagian besar konsumen.

“Di tahun pertama berdirinya MC Texstyle, kami melakukan pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi. Selama perjalanan online tersebut, banyak sekali input konsumen yang masuk ke kami. Salah satunya adalah masukan mengenai pembuatan toko fisik yang bisa dikunjungi secara offline,” kata Manav.

Rencana pengadaan kantor baru ini sebenarnya sudah dimulai dari beberapa bulan silam. Namun, karena ada beberapa hal seperti renovasi gedung dan perizinan, maka peresmian baru dilakukan awal September kemarin.

“Sudah beberapa bulan yang lalu direncanakan, namun memang karena ada beberapa hal yang perlu dibereskan, peresmian pun baru bisa dilakukan awal September 2022 yang lalu,” ujar Manav

Baca Juga: 5 Fakta Keberadaan Tanaman Kapas, Kerap Menjadi Bahan Tekstil!

2. Membuka sesi konsultasi untuk konsumen

3 Strategi Bisnis MC Texstyle, Manjakan Para Pencari Kain Grosir!Ilustrasi industri tekstile MC Texstyle (Dok. IDN Times/Istimewa)

Peresmian ini juga menandakan bahwa MC Texstyle sudah bisa menerima kunjungan konsumen secara langsung. Namun, menurut Manav, kunjungan ini diperlukan janji temu atau appointment agar proses konsultasi yang dilakukan konsumen tidak saling bentrok.

Appointment untuk visit store MC Texstyle bisa dilakukan dengan menghubungi WhatsApp admin kami yang ada di bio Instagram @mctexstyle. Dengan melakukan appointment ini, maka konsumen bebas untuk menentukan waktu kunjungan,” lanjut Manav.

Sebelumnya, MC Texstyle memang tidak menerima visit store karena hanya melakukan transaksi secara online. Untuk pemasarannya pun mengandalkan beberapa platform online seperti Instagram, Facebook, hingga Website.

Seiring kehadiran toko ini, konsumen bisa datang langsung untuk konsultasi kain, merasakan handfeel kain, atau bentuk kerja sama lainnya bisa langsung datang ke alamat yang tercantum pada seluruh media sosial MC Texstyle.

3. Mengirimkan handbook bagi pelanggan jauh

3 Strategi Bisnis MC Texstyle, Manjakan Para Pencari Kain Grosir!Ilustrasi industri tekstile MC Texstyle (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara, bagi konsumen yang terkendala jarak dan tidak bisa datang langsung, MC Texstyle tetap melayaninya dengan sangat maksimal.

Penambahan SDM dilakukan untuk mempercepat pelayanan terhadap konsumen. MC Texstyle juga menyediakan handbook master gratis yang berisikan sampel dari puluhan jenis kain, yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

“Penambahan SDM berkompeten di MC Texstyle dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Untuk memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen, tentu saja apapun kita lakukan, termasuk menyediakan handbook master yang berisi puluhan jenis kain secara gratis,” Tutup Manav.

Untuk saat ini, kantor baru MC Texstyle sudah mulai ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin melakukan konsultasi hingga transaksi. Sementara bagi konsumen online sendiri, MC Texstyle masih aktif melayani transaksi yang datang dari Instagram @mctexstyle atau website mctexstyle.id.

Baca Juga: Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk Tekstil Senilai Rp5,8 Miliar 

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya