Comscore Tracker

Apa itu IMF? Lembaga yang Pinjamkan Dana ke Negara yang Dilanda Krisis

Apakah bantuan IMF selalu membantu atasi krisis?

Jakarta, IDN Times - Kamu mungkin sering mendengar atau membaca kata "IMF" ketika ada isu atau pembahasan utang atau pinjaman sebuah negara. Ya, Indonesia pun pernah menjadi "pasien" IMF ketika krisis ekonomi melanda tahun 1998. 

Pertanyaannya, apa itu IMF ?   

IMF kependekan dari International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional . Lembaga ini berdiri pada Juli 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, dan diresmikan pada 27 Desember 1945 sebagai bentuk usaha memperbaiki rusaknya perekonomian internasional akibat Perang Dunia II. 

Pada awalnya IMF hanya memiliki 44 negara anggota yang berupaya membentuk kerjasama ekonomi internasional untuk mencegah terulangnya devaluasi mata uang kompetitif seperti yang pernah terjadi pada 1930-an.

1. Arti logo IMF

Apa itu IMF? Lembaga yang Pinjamkan Dana ke Negara yang Dilanda Krisiswikipedia.com/International Monetary Fund logo

Nah, selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah makna lambang-lambang di logo IMF.

  • Perisai: Melambangkan pencapaian dan singnifikasi penting dari IMF
  • Bola dunia: Melambangkan negara-negara anggota yang menerima manfaat dari IMF
  • Ranting pohon zaitun dan buahnya: Buah zaitun yang sulit tumbuh namun akan melimpah saat masa panen, serta buah yang tidak dapat dikonsumsi langsung sebelum diasinkan atau diolah menjadi minyak. Ini merupakan lambang bahwa IMF merupakan badan yang bersedia memberikan pinjaman namun dalam aturan yang ketat untuk perkembangan negara yang melakukan peminjaman
  • Lingkaran biru: Menjelaskan bahwa pupil mata dapat melihat seluruh semesta yang menjelaskan transparansi, dan garis yang tak terputus menggambarkan tidak terbatasnya bisnis yang dilakukan IMF
  • Jenis tulisan: Menggambarkan modernitas IMF
  • Warna: Biru baja atau biru keabu-abuan melambangkan kekuatan dan keseriusan IMF dalam pengelolaan IMF yang sudah melalui uji kepercayaan, kesetiaan, ketenangan, dan perdamaian.

2. Misi dan pengawasan

Apa itu IMF? Lembaga yang Pinjamkan Dana ke Negara yang Dilanda Krisisimf.org

Menjamin stabilitas sistem moneter internasional, yakni sistem nilai tukar dan pembayaran internasional yang memungkinkan negara-negara dan para warganya bertransaksi satu sama lain adalah misi utama dari IMF. Memiliki sistem pengawasan yang akan memantau kebijakan negara anggota serta perkembangan ekonomi dan keuangan nasional, regional, dan global. IMF juga akan memberi saran dan mendorong rancangan kebijakan yang dianggap mampu meningkatkan stabilitas ekonomi negara-negara anggota untuk memperbaiki standar hidup.

Baca Juga: Di Baluran Banyuwangi, Bimtek Kemenpar Siapkan IMF-World Bank 2018

3. IMF, Indonesia, dan Argentina

Apa itu IMF? Lembaga yang Pinjamkan Dana ke Negara yang Dilanda Krisisimf.org

IMF akan menyediakan pinjaman kepada negara-negara anggota yang sedang ataupun akan mengalami masalah neraca pembayaran. Sumber pinjaman untuk negara-negara berpenghasilan rendah telah ditingkat di tahun 2009, sedangkan rata-rata nilai maksimal pinjaman lunak (concessional) atau tanpa bunga dari IMF naik dua kali lipat. 

Di tengah perdebatan setuju dan tidak setuju, Indonesia juga pernah menjadi "pasien" IMF dengan meminjam senilai US$9,1 miliar. Indonesia berhasil melunasi utang tahun 2006. 

IMF pun kemudian memilih Bali, Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan IMF-World Bank, Oktober mendatang. 

Bicara soal krisis, Argentina kini tengah menjadi salah satu "pasien" IMF. Krisis Argentina bahkan menjadi salah satu faktor pelemahan rupiah saat ini, di samping perang dagang AS-Tiongkok dan krisis Turki.

Namun, bantuan IMF ternyata tidak banyak membantu Argentina. Peso malah terpuruk lebih dalam. 

Argentina sudah menerima paket bantuan pinjaman IMF sebesar US$50 miliar. Namun, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, arus modal keluar (capital outflow) Argentina malah meningkat. Hal inilah kemudian menekan sejumlah mata uang, termasuk rupiah.

Darmin menganggap kondisi yang terjadi di Argentina tersebut mengejutkan. Dikutip dari situs Bloomberg (5/9), ada kesalahan langkah Argentina dalam mengelola krisis, termasuk paket pinjaman IMF. 

Untuk itu, Ada kemungkinan Argentina akan mengajukan kembali pinjaman untuk mengatasi krisis yang kian dalam. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu IMF, atau yang kerap diketahui Dana Moneter Internasional.

Baca Juga: Pelemahan Rupiah dan Krisis Argentina

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya