Comscore Tracker

Tak Ada Masalah Stok, Harga Daging Ayam Justru Naik

KPPU pun akhirnya turun tangan

Surabaya, IDN Times - Harga daging ayam di pasaran terpantau masih cukup tinggi dari harga normal Rp32 ribu. Seperti halnya di Pasar Wonokromo Surabaya, tingginya harga tersebut tidak hanya pembeli yang dibuat pusing, pedagang juga merasa resah. Padahal, menurut pengakuan pedagang, pasokan ayam yang datang tidak pernah telat saat pengiriman.

1. Pedagang ayam akui harga masih melejit

Tak Ada Masalah Stok, Harga Daging Ayam Justru NaikIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kepada IDN Times, salah satu pedagang ayam, Tini (48) mengatakan bahwa harga daging ayam memang terus merangkak naik. Dia yang sudah 20 tahun berdagang daging ayam merasa tahun ini kenaikan membuat pembelinya merosot. "Sudah satu minggu ini Rp38 ribu, minggu sebelumnya Rp35 ribu. Biasanya Rp 32 ribu (normalnya). Pembeli yang seperti penjual sate belinya menurun biasa ambil 20-30 kilogram sekarang cuma 18 kilogram," ujarnya, Kamis (26/7).

2. Pembeli kurangi pembelian daging ayam

Tak Ada Masalah Stok, Harga Daging Ayam Justru NaikIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, pembeli Darsih (59) menyampaikan pembelian ayam yang dilakukannya sekarang dikurangi satu kilogram. Biasanya, warga Bratang Gede ini mengaku kalau membeli 5 kilogram per hari. "Sekarang 4 kilogram karena mahal harganya. Saya kan dibuat jualan lagi nasi pecel, dijualan gak berani naikkan harganya. Jadi dikurangin sedikit potongannya," kata Darsih.

3. KPPU akan terus telusuri kenaikan harga daging ayam

Tak Ada Masalah Stok, Harga Daging Ayam Justru NaikIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Surabaya, Dendy Rakhmad mengatakan tren harga daging ayam menunjukkan penurunan. Dia menyebut harga tertinggi Rp40 ribu sekarang sudah Rp38 ribu. Pihaknya terus berupaya menekan kembali ke harga normal Rp 32ribu. "Telur sudah turun karena operasi pasar. Ini untuk daging ayam Jatim sebagai lumbung pangan nasional, kami terus bergerak mencari apa yang terjadi. Karena dari pengakuan pedagang pengiriman tepat waktu, artinya stok ketersediaan ada," pungkasnya.

Baca juga: 5 Mie Ayam Paling Recommended di Surabaya, Kamu Sudah Pernah Cobain?

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya