Comscore Tracker

Janji Teten Masduki, Akan Konsisten Dukung UMKM Perempuan

Pemerintah akan beri kemudahan akses

Jakarta, IDN Times - Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebut, pemerintah akan terus konsisten memberikan dukungannya dengan menghadirkan kebijakan yang pro kepada UMKM perempuan.

Teten mengatakan, pemerintah akan memberikan kemudahan akses ke berbagai program pemerintah.

"Pemerintah akan terus konsisten memberikan dukungan kebijakan yang pro kepada pelaku usaha perempuan, salah satunya tentang bagaimana memberikan kemudahan akses ke berbagai program pemerintah. Misalnya, akses kepada pelayanan pengembangan keterampilan bisnis atau akses pasar, akses keuangan," kata Teten melalui video yang ditayangkan di acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Times di The Tribrata, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Teten mengungkapkan, pentingnya menggali potensi dan memberdayakan UMKM perempuan supaya terjadi pemerataan ekonomi nasional. Apalagi setengah dari pelaku UMKM merupakan perempuan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menaikan kredit perbankan sebanyak 10 persen di 2024 mendatang.

"Sesuai arahan Presiden, porsi kredit perbankan yang baru 20 persen akan terus dinaikan menjadi 30 persen di tahun 2024," tambah Teten.

Menurut Teten, pelaku usaha yang pinjamannya mencapai 100 juta, mestinya tanpa agunan. Untuk itu, pemerintah tengah berupaya mendorong bank menggunakan teknologi digital, dengan meniru fintech yang melakukan credit scoreing.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Teten Masduki: 30 Juta UMKM di Indonesia Harus Go Digital di 2023 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya