Comscore Tracker

Baru Dilantik Jadi Wamentan, Harvick Langsung Dapat PR dari Jokowi

Harvick Hasnul Qolbi jadi wakil Syahrul Yasin Limpo

Jakarta, IDN Times - Harvick Hasnul Qolbi, baru saja dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Wakil Menteri Pertanian mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Harvick mengatakan ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada dirinya.

Salah satunya, dia diminta untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemik COVID-19. 

"Ini menjadi hal yang sangat serius mengingat ruang gerak pertanian dan produk pertanian kemungkinan besar terganggu. Jadi rice estate dan lain-lain tepatnya program-progam itu, Bapak Presiden berharap saya bisa sinergi membantu Pak Menteri," katanya, Rabu (23/12/2020).

1. Akan bertindak cepat membantu Menteri Pertanian

Baru Dilantik Jadi Wamentan, Harvick Langsung Dapat PR dari JokowiWamentan Harvick Hasnul Qolbi (Youtube.com/NU TV)

Pria yang pernah menjabat Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) itu mengatakan, akan bertindak cepat membantu Menteri Pertanian dalam mengatasi masalah di tengah pandemik COVID-19, khususnya terkait pangan.

Apalagi sebelum dilantik dia dihubungi langsung oleh Presiden Jokowi, untuk mendampingi Syarul. "Mengenai kapan saya dihubungi, saya diminta baru kemarin sore," tuturnya usai pelantikan.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Resmi Lantik 5 Wakil Menteri Kabinet

2. Harvick dilantik Rabu 23 Desember 2020

Baru Dilantik Jadi Wamentan, Harvick Langsung Dapat PR dari JokowiWamentan Harvick Hasnul Qolbi (Youtube.com/NU TV)

Sebelumnya Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik lima wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, termasuk Harvick. Pelantikan wakil menteri tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi, yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan wakil menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Memimpin langsung pelantikan, Jokowi meminta kelima wakil menteri untuk mengikuti ucapannya saat melakukan sumpah jabatan. Lalu, Jokowi mulai membacakan sumpah jabatan dan diikuti oleh kelima wakil menterinya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka.

3. Berikut nama wakil menteri yang dilantik hari ini

Baru Dilantik Jadi Wamentan, Harvick Langsung Dapat PR dari JokowiPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Adapun kelima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:

Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan

Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM

Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan

Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian

Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: Profil Harvick Hasnul Qolbi, Wakil Menteri Pertanian Jokowi

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya