Comscore Tracker

BI Catat Rupiah Menguat 2,50 Persen Sejak Awal Tahun

Sepanjang Oktober nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia mencatat nilai tukar rupiah menguat 2,50 persen terhadap dolar Amerika Serikat (US$) secara year to date (ytd). Sementara sepanjang Oktober 2019, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat 1,18 persen.

Penguatan rupiah tersebut sejalan dengan kinerja neraca pembayaran Indonesia yang tetap baik.

"Penguatan rupiah didukung oleh aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut dan bekerjanya mekanisme permintaan dan pasokan valas dari para pelaku usaha," kata Dewan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (24/10).

Baca Juga: Tok, Bank Indonesia Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan!

1. Ketidakpastian pasar keuangan global memberikan sentimen positif

BI Catat Rupiah Menguat 2,50 Persen Sejak Awal TahunIDN Times / Auriga Agustina

Ia menjelaskan, adanya ketidakpastian pasar keuangan global yang sedikit menurun, justru memberikan sentimen positif terhadap rupiah.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga," ucapnya.

2. BI masih optimistis terhadap aliran masuk modal asing

BI Catat Rupiah Menguat 2,50 Persen Sejak Awal TahunANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Selanjutnya ia menjelaskan, proyeksi BI terhadap rupiah ditopang oleh terjaganya prospek aliran modal asing yang masuk ke Indonesia. Hal itu seiring dengan prospek ekonomi domestik yang baik dan imbal hasil yang menarik, serta dampak positif kebijakan moneter longgar di negara maju.

"Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik pasar uang maupun pasar valas," jelasnya.

3. Rupiah ditutup melemah 0,19 persen

BI Catat Rupiah Menguat 2,50 Persen Sejak Awal TahunIlustrasi uang, IDN Times/Mela Hapsari

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini di pasar spot, ditutup melemah 0,19 persen dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya. Sore ini, rupiah berada di level Rp14,058.

Baca Juga: Diguyur Pidato Pelantikan Jokowi, Rupiah Ditutup Menguat

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya