Comscore Tracker

Efisiensi, Erick Thohir Pangkas 51 Anak Cucu Perusahaan BUMN 

Dari Pertamina, Garuda, hingga Telkom dipangkas semua..

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan rasionalisasi dan konsolidasi terhadap anak hingga cucu perusahaan BUMN. Dia memangkas 51 anak hingga cucu usaha pada perusahaan pelat merah agar bisa fokus pada core bisnisnya masing-masing.

"Rasionalisasi dan konsolidasi ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan efektivitas operasional dan tata kelola bisnis yang optimal guna memberikan nilai tambah bagi negara," katanya melalui video conference, Jumat (3/4).

1. Berasal dari tiga perusahaan

Efisiensi, Erick Thohir Pangkas 51 Anak Cucu Perusahaan BUMN Menteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Shemi)

BUMN yang akan dipangkas klaster bisnisnya yakni PT Garuda Indonesia Tbk, PT Pertamina, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Rinciannya, Pertamina memiliki 25 perusahaan yang non-aktif dan siap untuk dirasionalisasi. Kemudian, Garuda Indonesia memiliki 6 cucu usaha yang akan dirasionalisasi, dan Telkom akan melakukan konsolidasi 20 anak usaha hingga cucu usaha yang memiliki kesamaan portfolio.

Pemangkasan 51 anak cucu usaha BUMN ini rencananya akan menggunakan skema merger, likuidasi, atau pun divestasi.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Erick Thohir Pilah Proyek yang Bisa Dilanjut

2. Garuda Tauberes salah satu yang dipangkas

Efisiensi, Erick Thohir Pangkas 51 Anak Cucu Perusahaan BUMN Menteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Erick menjelaskan, salah satu perusahaaan yang akan dipangkas yakni PT Garuda Tauberes Indonesia yang bergerak di bidang logistic online. Tauberes melayani pengiriman paket dan jasa kargo pesawat.

"Misalnya Garuda Tauberes online daripada kargo sebenarnya bisnis kargo Garuda sudah ada, kenapa harus speed off lagi. Tinggal itu  ditambahkan saja yang ada," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya telah melakukan kajian evaluasi terhadap anak dan cucu perseroan tersebut. "Aplikasi kargo yang mau extend ke last mile ini bisa kita lakukan di area bisnis kargo," jelasnya.

3. Telkom dan Pertamina mengaku sudah mulai melakukan pemangkasan anak - cucu usaha

Efisiensi, Erick Thohir Pangkas 51 Anak Cucu Perusahaan BUMN Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (IDN Times/Aldila Muharma)

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengaku telah memulai pemangkasan anak cucu sejak tahun lalu. "Ada 49 anak cucu perusahaan terkonsolidasikan ke Telkom. Ada beberapa yang overlapping kurang efisien," ujar Ririek. 

"Kita juga pertimbangkan ke depan Telkom seperti apa, apakah di-merge atau apa agar Telkom fokus ke core bisnis," tambahnya.

Senada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan 25 perusahaan yang bisa dipangkas, Pertamina menargetkan akan melakukan likuidasi terhadap tujuh perusahaan dan divestasi satu perusahaan untuk tahun ini.

"Kami sedang melihat kembali efisiensi dan fokus kepada core, mana yang bisa merger dan akuisisi, mana saja yang secara strategis bisa dilakukan untuk memperkuat bisnis utamanya," ujar Nicke.

Baca Juga: Jaga BUMN Sehat, Erick Thohir Pangkas Hampir 50 Persen Klaster Bisnis

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya