Comscore Tracker

Giliran BUMN yang Punya Universitas Diincar Erick Thohir

Siap-siap ya!

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyoroti perusahaan-perusahaan negara yang memiliki bisnis pendidikan. Ia pun berencana  mengevaluasi perusahaan pelat merah tersebut, karena ia tak ingin perusahaan BUMN mengurus semua bisnis.

"Saya tak mau BUMN jadi palugada (kapan lo butuh gue ada). Saya sedang review apa benar BUMN punya universitas-universitas. Karena wong bersaing di bisnisnya saja belum tentu survive, apalagi jalankan sesuatu yang bukan expertise-nya," katanya di Jakarta, Rabu (12/2).

1. Erick Thohir akan menyinergikan program yang dimiliki perusahaan BUMN dengan universitas lain

Giliran BUMN yang Punya Universitas Diincar Erick ThohirIDN Times / Auriga Agustina

Selanjutnya kata Erick, pihaknya akan menyinergikan program yang dimiliki perusahaan BUMN kepada universitas saat ini yang sudah ada di Indonesia.

Dia juga mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Saya ingin pastikan link and match tak hanya prioritas, tidak hanya mendidik mahasiswa sebagai profesional, tetapi juga menjadi entrepreneur seperti saya," ujarnya.

2. Kementerian BUMN akan memaksimalkan dana CSR untuk pendidikan

Giliran BUMN yang Punya Universitas Diincar Erick ThohirIDN Times/Reynaldy Wiranata

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Robertus Bilitea Jadi Direktur Utama Bahana

Saat ini pihaknya tengah menyusun sejumlah strategi agar perusahaan BUMN berkontribusi dalam pendidikan, caranya dengan memaksimalkan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

"Dana CSR BUMN saya akan maksimalkan di 30 persen untuk pendidikan. Karena tidak lain salah satu kekurangan bangsa kita, suka tidak suka bagaimana pendidikan di generasi yang akan datang," katanya.

3. Berikut perusahaan BUMN yang memiliki universitas

Giliran BUMN yang Punya Universitas Diincar Erick ThohirGedung BUMN. (IDN Times/Indiana Malia)

Sebagaimana diketahui, beberapa perusahaan BUMN yang memiliki universitas di antaranya PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Telekomunikasi Indonesia, Semen Indonesia dan PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Perusahaan BUMN Bakal Dipangkas Jadi 100, Ini Sebabnya

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya