Comscore Tracker

Mulai Rp100 Ribu, Millennial Bisa Investasi untuk KPR

Instrumen ini bisa mempermudah millenial memiliki akses KPR

Yogyakarta, IDN Times - Badan Usaha Milik Negara di bawah Kementerian Keuangan, PT Sarana Multigriya Finansial atau SMF, memasarkan produk investasi Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA SP) Ritel untuk membidik generasi millennial.

Menariknya, generasi millenial tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar untuk berinvestasi di instrumen EBA SP Ritel.

"Dengan Rp100 ribu, bapak dan ibu para millennial dapat mulai berinvestasi," kata Kepala Divisi Sekuritisasi dan Pembelian KPR, Sid Herdi Kusuma di Yogyakarta, Sabtu (16/11).

Ia mengatakan, bunga pada instrumen ini sebesar 8,75 persen per tahun. Dalam penjualan produk ini, SMF menargetkan pendanaan sebesar Rp300 miliar.

1. Ini penjelasan tentang EBA SP Ritel

Mulai Rp100 Ribu, Millennial Bisa Investasi untuk KPRIDN Times / Auriga Agustina

Herdi mengatakan, tujuan perseroan menerbitkan instrumen ini agar generasi millennial lebih mudah memiliki akses untuk Kredit kepemilikan Rumah (KPR).

"Mayoritas masyarakat kita berpenghasilan tidak tetap, ini jadi visi kita agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki rumah," ucapnya.

EBA SP merupakan surat berharga yang terdiri dari sekumpulan KPR yang diterbitkan melalui proses sekuritisasi sehingga menjadi instrumen investasi pendapatan tetap yang dapat ditransaksikan di pasar sekunder, sehingga membeli EBA SP Ritel sama halnya dengan membeli tagihan KPR dari perbankan.

Baca Juga: SMF Perluas Saluran KPR Pasca-Bencana ke Seluruh Indonesia 

2. Sudah ada 250 investor baru

Mulai Rp100 Ribu, Millennial Bisa Investasi untuk KPRIDN Times / Auriga Agustina

Menurut Herdi, pihaknya aktif melakukan sosialisasi dan edukasi dengan membuka penjualan EBA SP Ritel ke universitas, kementerian dan BUMN.

"Kita sudah dapat 250 new account (investor), kebanyakan mahasiswa. Rata-rata investasinya sekitar Rp300 ribu, memang kecil tapi tidak apa-apa yang penting ada repeat ke depannya," ucapnya.

3. Masih dipasarkan di BNI Sekuritas dan BCA Sekuritas

Mulai Rp100 Ribu, Millennial Bisa Investasi untuk KPRIDN Times / Auriga Agustina

Ia mengklaim bahwa investasi di EBA SP Ritel aman, lantaran telah mendapat peringkat idAAA dari Bank Mandiri, Bank BNI,Bank Mandiri dan Telkom Indonesia.

"Likuiditasnya juga sangat tinggi. Beli sekarang, dua hari kemudian butuh uang, tinggal telepon kita," ucapnya.

Saat ini, pemasaran EBA SP baru melalui dua sekuritas, yakni BNI Sekuritas dan BCA Sekuritas, ke depan pihaknya akan menggandeng marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

"Bisa diakses di Bit.Iy/reg-eba, kedepan kami akan coba ke marketplace untuk mempermudah," jelasnya.

Baca Juga: Hore! SMF Permudah Akses KPR untuk Pengemudi Grab

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Just For You