Comscore Tracker

Nasabah Jiwasraya: Kalau Bukan karena Kita, Jiwasraya Bangkrut!

Nasabah JS Saving Plan Jiwasraya kecewa dengan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Nasabah pemegang polis produk JS Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya mengaku kecewa dengan pemerintah lantaran lebih mengutamakan nasabah tradisional. Mereka mengatakan jika tanpa investasi yang mereka tanamkan di produk JS Saving Plan, asuransi pelat merah itu sudah bangkrut sejak dulu.

"Ini kan Saving Plan, sedangkan Jiwasraya bisa hidup kembali kan dari uang kita. Dari jauh hari mestinya mereka kan sudah bangkrut, ternyata kita yang membiayai. Kenapa giliran bayar kembali ke kita, kita malah di belakang. Itu kita gak setuju, tolong statement itu ditarik, diperbaiki omongannya," kata seorang nasabah Jiwasraya Tomy Yusman di Jakarta, Rabu (12/2).

Selain itu, para nasabah pemegang polis JS Saving Plan juga mengaku sakit hati dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sempat mengatakan tak ingin sembarangan memberi dana untuk kasus gagal bayar Jiwasraya.

1. Nasabah ngotot minta uangnya kembali

Nasabah Jiwasraya: Kalau Bukan karena Kita, Jiwasraya Bangkrut!(Ilustrasi Jiwasraya) IDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam pertemuannya dengan OJK, para nasabah meminta agar pemerintah membayar klaim asuransi dari investasi yang telah mereka tanamkan sejak puluhan tahun lalu.

"Jadi uang kami di Jiwasraya itu bukan  bukan hasil dari kejahatan atau money laundry. Itu uang dari puluhan tahun lalu kumpul. Karena itu tolong pemerintah mengerti sedikit. Kami sebagai anak bangsa bukan uang dari mana-mana," katanya.

Baca Juga: Meski Diprotes, Sri Mulyani Tak Mau Asal Suntik Dana ke Jiwasraya 

2. Kementerian BUMN akan memprioritaskan pembayaran klaim nasabah tradisional

Nasabah Jiwasraya: Kalau Bukan karena Kita, Jiwasraya Bangkrut!IDN Times / Auriga Agustina

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memprioritaskan pembayaran klaim dari nasabah asuransi tradisional.

“Kami upayakan dua-duanya (JS Saving Plan dan tradisional), tapi utama tradisional polis lebih dulu. Karena beban ekonominya lebih berat sesuai dengan janji Menteri BUMN Erick Thohir,” ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Rabu (5/2)

3. Sri Mulyani mengatakan tidak ingin sembarangan suntik dana untuk Jiwasraya

Nasabah Jiwasraya: Kalau Bukan karena Kita, Jiwasraya Bangkrut!Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tidak ingin sembarangan menyuntik dana untuk kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Itu sekaligus menepis anggapan masyarakat yang menganggap pemerintah mudah memberikan dana dari APBN.

"Kalau tidak, nanti orang akan gampang, oh ini miliknya pemerintah, lalu dirusak-rusak saja. Nanti kemudian kalian akan bilang oh kepercayaan kepada pemerintah rusak, maka menteri keuangan akan bail in, memberikan dana," kata Sri Mulyani.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dijanjikan Langsung oleh OJK, Nasabah Jiwasraya Merasa Tenang

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya