Comscore Tracker

Swasta Ikut Jual Avtur, Erick Thohir: Jangan Cuma Incar Lisensi Impor!

Gak masalah, Pertamina disaingi swasta

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengaku tak mempermasalahkan jika ada perusahaan swasta yang ingin berbisnis avtur di Indonesia menjadi pesaing Pertamina. Namun, Erick menegaskan, jangan sampai swasta masuk hanya untuk mendapatkan lisensi impor saja.

"Kalau swasta yang produksi avtur welcome saja. Yang tidak boleh cuma minta lisensi impor akhirnya nanti kami-kami yang di BUMN atau di kementerian, banyak ditugaskan menekan impor migas tapi di pihak lainnya malah impor terus akhirnya kami yang disalahkan lagi," kata Erick di Jakarta, Rabu (4/12).

1. Kementerian BUMN membuka peluang swasta untuk bersaing

Swasta Ikut Jual Avtur, Erick Thohir: Jangan Cuma Incar Lisensi Impor!(Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Istana Negara) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia mengatakan Kementerian BUMN selalu membuka peluang swasta untuk bersaing. Erick memberi contoh pelabuhan patimban yang secara murni dikelola oleh swasta.

"Kemarin contoh di Patimban pak Presiden sudah menyerahkan swasta 100 persen. Dari BUMN Pelindo tidak boleh ikut, ya tidak ada masalah karena memang Pelindo banyak kerjaan lain," ucapnya.

Baca Juga: Asing Jadi Penyedia Avtur, Pertamina Janji Prioritaskan Dalam Negeri

2. Pertamina dan maskapai masih membicarakan soal rencana menekan harga avtur

Swasta Ikut Jual Avtur, Erick Thohir: Jangan Cuma Incar Lisensi Impor!Menteri BUMN Erick Thohir memberikan keterang pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 22 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terkait upaya menekan harga avtur, Erick mengatakan itu masih harus dibicarakan oleh pihak maskapai dan Pertamina. Namun, dia menegaskan pihak swasta tersebut harus memproduksi avtur dan mengolah avtur dari dalam negeri.

"Tinggal benar-benar mau enggak melakukannya. Karena jangan hanya shortcut, sekadar hanya mencari keuntungan tapi akhirnya kembali merugikan secara keseluruhan konsep yang sedang dibangun oleh bapak presiden. Karena kan kita mau tekan impor migas itu," ucapnya.

3. Menhub dan Menko Maritim dan Investasi membuka peluang swasta untuk bisnis avtur

Swasta Ikut Jual Avtur, Erick Thohir: Jangan Cuma Incar Lisensi Impor!IDN Times/Auriga Agustina

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, akan membuka opsi dengan mengundang pihak swasta pada Februari 2020 jika harga avtur masih mahal. Sebab, harga avtur disebut-sebut menjadi penyebab sejumlah rute penerbangan ditutup.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sediakan Avtur Murah, Pertamina Terkendala Infrastruktur

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya