Comscore Tracker

Bangkitkan dan Selamatkan UMKM, Begini Semangat Tinggi Mantri BRI

Mantri BRI mendukung keberlangsungan UMKM

Jakarta, IDN Times - Pandemik Covid-19 tidak menghalangi semangat pemasar mikro BRI atau biasa disebut mantri BRI untuk tetap produktif dan terus memberikan dukungan terhadap keberlangsungan pelaku UMKM.

Di tengah segala keterbatasan akibat pandemik, Mantri BRI tetap aktif mendekatkan layanan perbankan kepada masyarakat. Hal ini salah satunya dilakoni oleh Rahmatuna, mantri BRI yang bertugas di Desa Nanga Tepuai, Hulu Gurung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sebelum bertugas di Nanga Tepuai, dia sempat menjadi mantri BRI di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Kecamatan Badau, Kalimantan Barat.

Rahmatuna juga menyebut, dirinya selalu penuh semangat untuk terus turun ke lapangan mendampingi dan melayani masyarakat.

“Di saat pandemik ini UMKM sangat terdampak sehingga hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk ikut berperan menyelamatkan dan membangkitkan kembali usaha mereka,” imbuhnya.

Baca Juga: Mantri BRI Terus Dekatkan Akses Keuangan bagi Masyarakat di Wilayah 3T

1. Ini keseharian tugas mantri BRI

Bangkitkan dan Selamatkan UMKM, Begini Semangat Tinggi Mantri BRIMantri BRI bertemu para pelaku UMKM di pasar (Dok. Bank BRI)

Dalam kesehariannya, Rahmatuna bertugas memastikan kondisi para nasabah BRI yang terdampak pandemik. Sementara itu, dia juga mendata para nasabah dan calon nasabah BRI yang usahanya tidak begitu terdampak penurunan kondisi ekonomi akibat pandemik.

Dia berkata, ada sekitar 30 persen nasabah BRI di Nanga Tepuai yang bisnisnya terdampak pandemik. Mayoritas dari nasabah restrukturisasi adalah para pelaku usaha di bidang perdagangan. Sisanya, mayoritas nasabah dan masyarakat di Nanga Tepuai disebutnya tidak mengalami kondisi negatif pasca Covid-19 melanda dunia. Rahmatuna menduga kondisi ini terjadi karena warga di lokasinya bertugas, banyak yang bergerak di industri pertanian.

2. Platform BRISPOT diandalkan Mantri BRI

Bangkitkan dan Selamatkan UMKM, Begini Semangat Tinggi Mantri BRIMantri BRI, Irenius Prianbodo (32), berkomitmen meningkatkan kesadaran inklusi di wilayah 3T, khususnya di Kabupaten Malaka, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. (Dok. BRI)

Selama berkeliling melayani masyarakat dan nasabah, Rahmatuna mengandalkan platform BRISPOT milik BRI untuk menulis laporan dan memfasilitas permintaan pembiayaan.

BRISPOT adalah aplikasi pengajuan pembiayaan BRI yang memungkinkan pengajuan kredit dapat dilakukan dari manapun dan kapanpun sehingga proses kredit dapat berjalan lebih mudah, cepat, dan transparan.

Baca Juga: Suka Duka Jadi Mantri BRI di Daerah Pelosok Indonesia 

3. Peran penting Mantri BRI

Bangkitkan dan Selamatkan UMKM, Begini Semangat Tinggi Mantri BRIBRI menerjunkan para mantri ke berbagai daerah di Indonesia dengan tujuan memberikan pendampingan bagi para pelaku wirausaha kecil. (Dok. BRI)

Melihat semangat Rahmatuna yang tidak pernah habis, tak heran apabila mantri BRI disebut sebagai sosok yang berperan penting dalam upaya menjaga dan memulihkan perekonomian Indonesia. Kehadiran mantri membuat banyak masyarakat dan pelaku UMKM tak lagi kesulitan mengakses layanan keuangan formal.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa bisnis BRI sebagai bank pelayan masyarakat dan UMKM bisa jadi tak akan tumbuh maksimal tanpa kerja keras dan kehadiran para Mantri.

“Melihat besarnya peran mantri untuk bisnis BRI dan pertumbuhan ekonomi nasional, maka kami selalu benar-benar memerhatikan dan memastikan benefit yang mereka terima,” ujarnya. CSC

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya