Comscore Tracker

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih Mudah

IDN Times meluncurkan Indonesia Gen Z Report 2022

Jakarta, IDN Times - Hasil riset IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix berjudul Indonesia Gen Z Report 2022 menunjukkan bahwa Gen Z di Indonesia lebih senang berbelanja online dengan menggunakan platform digital (e-commerce) karena memudahkan.

Apalagi, e-commerce sudah lazim digunakan jauh sebelum pandemik COVID-19 melanda. Pada masa pandemik, banyak para pedagang lokal yang mampu bertahan karena memanfaatkan platform digital tersebut.

Laporan e-Conomy 2021 dari Google, menyebutkan, di Indonesia, 28 persen toko digital percaya bahwa mereka tidak akan bisa bertahan selama pandemik jika bukan karena platform digital.

Hasil riset ini dirilis bersamaan dengan gelaran Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) by IDN Media yang digelar pada 29-30 September 2022 di The Tribrata Dharmawangsa, Jakara Selatan.

Baca Juga: Gen Z RI Tak Percaya Metaverse Bisa Gantikan Interaksi Dunia Nyata?

1. Tiga teratas platform e-commerce yang digunakan Gen Z

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih MudahHasil riset IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix berjudul Indonesia Gen Z Report 2022 menunjukkan bahwa Gen Z di Indonesia senang berbelanja online dengan menggunakan platform digital (e-commerce).

Berdasarkan hasil riset, terdapat tiga aplikasi platform e-commerce teratas yang paling banyak digunakan oleh Gen Z untuk berbelanja online. Ketiga aplikasi itu adalah Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

"Banyak Gen Z yang juga menggunakan lebih dari satu platform untuk kebutuhan belanja online mereka," demikian isi riset tersebut.

Adapun persentase hasil survei menunjukkan, ada sebanyak 32 persen responden yang menggunakan Tokopedia, 27 persen yang menggunakan Shopee, 24 persen menggunakan Lazada, serta 5 persen yang menggunakan Bukalapak dan Zalora.

Baca Juga: Millennial Demen Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar COD

2. Platform e-commerce sangat jarang digunakan Gen Z kelas atas sosial ekonomi

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih MudahIDN Times/ Helmi Shemi

Riset menunjukkan, kalangan kelas sosial-ekonomi atas merupakan yang terendah dalam hal penggunaan platform e-commerce.

Ada sebanyak 26 persen responden dari kelas sosial-ekonomi atas yang tidak menggunakan platform e-commerce apapun. Kemudian kelas sosial-ekomomi menengah mencapai 19 persen, sisanya kelas sosial-ekonomi bawah sebanyak 23 persen.

"Hal itu karena bagi kelas sosial-ekonomi atas, mal dan toko offline lebih mudah diakses dan perbedaan harga tidak terlalu penting sehingga mengurangi keinginan mereka untuk berbelanja online," demikian keterangan hasil riset.

Baca Juga: Survei: Shopee Jadi E-commerce Favorit Masyarakat Indonesia

3. Metode pembayaran yang disukai Gen Z saat berbelanja online

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih MudahIlustrasi pembayaran online. (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasil riset juga menunjukkan bahwa Gen Z menyukai metode pembayaran buy now paylater (BNPL) atau beli sekarang bayar nanti. Jumlahnya bahkan disebut telah melebih pengguna kartu kredit.

"BNPL mungkin lebih menarik bagi Gen Z yang belum memenuhi kualifikasi untuk kartu kredit dan layanannya juga terintegrasi ke platform lain yang Gen Z sudah gunakan, mulai dari e-commerce hingga aplikasi pengiriman makanan," demikian keterangan riset.

Selain itu, Gen Z juga masih menggunakan pembayaran secara tunai ketika berbelanja online dengan memilih metode cash on delivery (COD). Artinya, mereka baru akan membayar ketika barang pesanan tiba diantar kurir.

Adapun metode pembayaran terpopuler lainnya adalah e-wallet dan bank transfer via virtual account.

Baca Juga: Menteri Teten Imbau Pemda Bantu UMKM Gunakan Teknologi dan e-Commerce

4. Persentase penggunaan metode pembayaran berbelanja online

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih MudahANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Berikut adalah persentase penggunaan metode pembayaran berdasarkan hasil riset yang dilakukan!

1. E-Wallet (GoPay/OVO/dll)

Kelas atas - 25 persen
Kelas menengah - 22 persen
Kelas bawah - 18 persen

2. Paylater

Kelas atas - 6 persen
Kelas menengah - 6 persen
Kelas bawah - 3 persen

3. Debit atau kartu kredit

Kelas atas - 1 persen
Kelas menengah - 2 persen
Kelas bawah - 1 persen

4. Cash on Delivery (COD)

Kelas atas - 56 persen
Kelas menengah - 54 persen
Kelas bawah - 68 persen

5. Transfer via virtual account

Kelas atas - 6 persen
Kelas menengah - 7 persen
Kelas bawah - 3 persen

6. Transfer Bank

Kelas atas - 3 persen
Kelas menengah - 2 persen
Kelas bawah - 2 persen

7. Pembayaran via retail (mini market dll)

Kelas atas - 3 persen
Kelas menengah - 6 persen
Kelas bawah - 5 persen

5. Fashion paling banyak dicari saat belanja online

Hasil Riset: Gen Z Indonesia Senang Belanja Online karena Lebih MudahIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Riset juga menunjukkan, item fashion menjadi kategori yang paling utama dicari dalam platform digital, sebanyak 51 persen. Kemudian, diikuti oleh perawatan pribadi dan peralatan rumah tangga.

"Tampaknya selama pandemik, orang-orang memilih untuk menjaga penampilan pribadi dan rumah mereka terlebih dahulu, bahkan jika tidak ada tujuan untuk pergi atau justru karena harus bepergian," demikian keterangan riset.

Adapun persentase hasil riset tersebut adalah fashion 51 persen, perawatan pribadi 14 persen, mainan dan hobi 7 persen, elektronik 6 persen, otomotif 5 persen, makanan dan minuman 5 persen, games 3 persen, HP dan tablet 2 persen, serta peralatan rumah tangga 2 persen.

Riset Indonesia Gen Z Report 2022 digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen dan survei dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Survei ini melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi. Wawancara khusus dilakukan oleh tim IDN Times, FORTUNE Indonesia, ICE, Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy.

IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa.

Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: 5 Tips Pilih Toko Online agar Belanja Kamu Menyenangkan dan Aman

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya