Comscore Tracker

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk Emas

Biar gaji gak habis cuma untuk foya-foya

Berinvestasi seharusnya menjadi kebiasaan yang melekat dalam generasi millennial. Bukan tanpa alasan, generasi millennial cenderung menjadi generasi yang suka mengikuti trend, sehingga lebih rawan dengan perilaku konsumtif. Karena alasan inilah, menyimpan uang dalam bentuk tunai dinilai tidak aman, karena sifat generasi millennial yang cenderung 'gatal' sehingga uang berapapun bisa saja habis sewaktu-waktu.

Untuk itu, sudah sepatutnya millennial menyadari pentingnya investasi demi masa depan yang lebih aman dan terjamin. Salah satu alternatif investasi yang sangat cocok untuk millennial adalah emas. Berikut beberapa alasan mengapa emas merupakan investasi yang sangat cocok bagi millennial.

1. Emas merupakan logam yang selalu diminati

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk EmasUnsplash.com/Kyle Frederick

Emas telah dan akan selalu menjadi logam mulia paling berharga di bumi. Emas juga menjadi barang yang paling diinginkan manusia sejak berabad-abad lamanya dan hingga saat ini minat orang-orang akan emas tidak mengendur, bahkan terus meningkat. Maka tak mengherankan, kendati harganya terus melonjak, peminat emas tetap selalu ada.

2. Tahan inflasi

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk Emassilvercoins.ee

Emas adalah investasi yang tahan inflasi. Maksudnya, jika kamu membeli emas dengan harga saat itu. Kemudian beberapa tahun kemudian harganya meningkatkan, maka kamu bisa menjual emas dengan harga yang berlaku saat itu. Hal ini tentunya membedakan emas dengan barang-barang lain yang semakin lama harganya semakin menurun.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Investasi Bagi Pemula Tanpa Repot, Kamu Sudah Tahu?

3. Harga emas terus meningkat, sehingga sudah pasti menguntungkan

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk EmasUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Harga emas setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Hal ini menjadikan emas sebagai pilihan investasi yang menguntungkan. Sebagai contoh, jika saat ini kamu menabung sejumlah Rp1juta dalam bentuk emas, maka lima tahun mendatang jika kamu hendak menjualnya, harga yang kamu dapatkan sudah pasti lebih dari Rp1 juta karena harga emas selalu naik.

4. Sifat emas yang sangat likuid

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk EmasUnsplash.com/Dmitry Demidko

Maksudnya, jika suatu saat kamu membutuhkan uang tunai. Kamu tinggal membawa emas yang kamu miliki ke toko emas dan menjualnya, dan kamu pun akan mendapatkan uang tunai. Lain halnya jika kamu berinvestasi dalam bentuk tanah, yang mana jika tiba-tiba kamu membutuhkan uang, kamu harus mencari pembeli yang mau membeli tanah yang kamu miliki. Dan pastinya hal tersebut membutuhkan waktu dan tawar menawar yang tidak mudah.

5. Modal rendah, sehingga cocok untuk semua kalangan

5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk EmasUnsplash.com/Alexander Mils

Emas termasuk dalam investasi yang membutuhkan modal rendah. Misalnya, saat ini kamu memiliki uang Rp1 juta, maka kamu bisa membeli emas seberat 1,5 gram. Kemudian bulan berikutnya jika kamu ingin berinvestasi dalam bentuk emas lagi, kamu bisa membeli emas sejumlah uang yang kamu miliki. Begitu seterusnya. Sehingga, investasi ini cocok untuk semua kalangan.

Jadi, tertarik untuk menginvestasikan uangmu dalam bentuk emas?

Baca Juga: 5 YouTuber Ini Ajak Kamu Bijak Atur Uang dan Rajin Berinvestasi!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya