Comscore Tracker

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!

Udah ngopi belum pagi ini?

Kamu pasti pernah mencicipi minuman yang satu ini. Entah sebagai teman kamu  mengerjakan tugas, ketika kamu nongkrong bareng teman, untuk menjadi teman begadang menonton pertandingan klub favorit kamu, atau sebagai teman setia kamu untuk memulai hari.

Kopi memang merupakan minuman universal yang bisa dinikmati orang di seluruh dunia. Kopi bisa melewati berbagai batasan suku, agama, ras, dan gender. Berdasarkan data yang dirilis oleh International Coffee Organization (ICO), berikut ini 5 negara sebagai pengekspor kopi terbesar di dunia. Sambil seruput kopi soremu, yuk disimak daftarnya!

1. Brazil

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!brit.co

Negara di bagian Selatan Amerika yang memiliki iklim subtropis ini tercatat sebagai pengekspor kopi terbesar di dunia. Brazil mencatat jumlah ekspor kopi hingga 2.592.000 ton per tahun.

Meskipun memiliki jenis kopi Robusta, tapi kopi Jenis Arabikalah yang menjadi andalan Brazil. Aroma dan cita rasa yang unik dari kopi arabika Brazil, serta jumlah komoditas yang melimpah menjadikan kopi ini sangat populer.

Kopi Arabika Brazil sudah mendunia dan diekspor ke berbagai belahan dunia mulai dari Eropa, Amerika, sebagian Afrika, hingga Australia.

2. Vietnam

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!easyhealthoptions.com

Kamu pasti pernah mendengar nama kopi Vietnam. Belakangan ini memang kopi vietnam sedang populer di Indonesia. Kopi Vietnam lebih sering disajikan dengan cara ditambahkan es batu dan susu kental manis.

Kopi ini terkenal ampuh membuat mata tetap melek dan anti ngantuk.Vietnam berada di urutan kedua dengan jumlah ekspor kopi per tahun mencapai angka 1.650.000 ton.

3. Kolumbia

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!healthtoday.com

Petani-petani kopi di Kolumbia sangat memperlakukan kopi dengan baik. Kopi-kopi yang dipanen hanya diangkat dengan keledai dan mobil khusus, tujuannya adalah agar cita rasa kopi tetap terjaga dengan baik. Oleh UNESCO bahkan wilayah perkebunan Kolombia yang meliputi Antioquia, Caldas, Risaralda, Quindío, Tolima, dan Valle del Cauca ditetapkan sebagai Warisan Dunia.

Kolumbia tercatat di nomor tiga dengan total ekspor kopinya mencapai angka 810.000 ton per tahun.

4. Indonesia

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!diariohuarpe.com

Nah ternyata di posisi ini ada Indonesia negara kita tercinta yang ternyata berada di urutan keempat sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia, dengan jumlah ekspor mencapai angka 660.000 ton per tahun. Kopi di Indonesia memiliki sejarah yang panjan sejak era kolonialisme Belanda di Indonesia.

Kopi Indonesia terdiri dari banyak varian dari berbagai daerah. Kamu pasti pernah dengar nama kopi kintamani dari Bali, Kopi Gayo asal Aceh, Kopi Flres, Kopi Joss di Jogja, Kopi Sidikalang dan lain sebagainya. Bahkan Indonesia memiliki kopi dengan harga termahal sedunia, yaitu kopi luwak. Kalau kamu kepikiran untuk ternah luwak, boleh juga tuh untuk invesatasi.

5. Ethiopia

Ini Lho 5 Negara Pengekspor Kopi Terbesar, Ada Indonesia Juga!thejobnetwork.com

Ethiopia ini memiliki sejarah yang jauh lebih panjang dari negara penghasil kopi mana pun di dunia. Konon katanya, kopi pertama kali di temukan di negara yang menjadi bagian dari benua Afrika ini. Total ekspor kopi negara yang berada di wilayah timur Afrika ini mencapai 384.000 ton per tahun.

Itulah negara-negara yang menjadi pengekspor terbesar minuman yang menjadi teman setia kita untuk memulai hari. Hari ini, kamu udah ngopi belum?

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !