Comscore Tracker

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uang

Kamu bisa mendulang cuan selama pandemi dengan berbisnis

Penyebaran wabah Covid-19 masihterus berlangsung sejak tahun 2019 lalu. Oleh karenanya, pemerintah terus mengimbau bagi masyarakat agar tetap tinggal di rumah, sehingga penyebaran virus tidak semakin meluas.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di rumah banyak memberikan dampak negatif seperti halnya dalam sektor bisnis. Banyak pelaku bisnis mulai dari UMKM hingga bisnis besar mengalami penurunan selama masa pandemi saat ini. Namun, melalui kondisi saat ini pula, banyak pelaku bisnis yang mempelajari hal baru mengenai startegi bisnis agar tetap berjalan. Bahkan Kmenkominfo pun turut memberikan dukungan bagi UMKM agar perekonomian Indonesia segera pulih.

Jika kamu ingin mengetahui bisnis atau UMKM apa saja yang tetap berjalan sehingga menghasilkan uang di era pandemi ini, kamu bisa simak ulasan ini lebih lanjut.

1. Menjual kebutuhan bahan pokok

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uangilustrasi belanja (pexels.com/CupofCouple)

Bahan pokok merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Dalam kondisi pandemi saat ini, banyak orang yang lebih mengutamakan memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan cara mudah serta tidak jarang banyak yang mengandalkan pembelian melalui online.

Pasokan bahan pokok bisa dijual melalui jualan online dan dapat diantar dengan menggunakan online delivery sehingga kamu bisa mempermudah konsumen yang tidak ingin berbelanja di luar rumah.

Bahan pokok yang bisa kamu jual seperti gula pasir, minyak goreng, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, dan berbagai jenis sembako lainnya.

Keuntungan dari menjual kebutuhan bahan pokok bagi penjual yaitu kamu tidak memerlukan modal yang besar dengan perputaran uang kas cukup cepat.

2. Bisnis berbagai produk kesehatan

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uangilustrasi masker (pexels.com/PolinaTankilevitch)

Setelah merebaknya virus Covid-19, masyarakat yang memiliki kepentingan di luar rumah harus menggunakan masker. Hal ini membuat permintaan pasar terhadap produk kesehatan pun meningkat drastis.

Produk kesehatan yang laris di pasaran saat ini adalah masker, face shieldstrap masker, disinfektan, dan produk serupa lainnya. Melihat angka konsumsi yang meningkat pada produk kesehatan membuat banyak pebisnis yang menjual berbagai macam poduk kesehatan.

Produk-produk tersebut sedang sangat dibutuhkan dan digunakan sehari-hari sehingga dapat memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis produk kesehatan.

Baca Juga: 9 Jajanan dari Makaroni untuk Ide Bisnis, Bikin Cuan Ngalir Terus!

3. Menjadi YouTuber atau influencer

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uangilustrasi menjadi YouTuber (pexels.com/GeorgeMilton)

Mungkin peluang bisnis yang satu ini cukup berbeda dari yang lainnya. Tetapi menjadi YouTuber dan Influencer dapat memberikan keuntungan bagi kamu.

Saat ini banyak orang yang tengah sibuk melakukan aktivitas di dalam rumah membutuhkan hiburan dari konten yang dibuat oleh para YouTuber dan Influencer. Kamu bisa aktif menggunakan media sosial, lalu menentukan konten yang sesuai dengan keinginan kamu.

Beberapa konten yang banyak peminatnya seperti membagi resep masakan atau minuman, cover lagu, dan konten lucu yang menghibur dengan pesan positif lainnya.

4. Menjual masakan rumahan

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uangilustrasi bisnis makanan (pexels.com/AnnaNekrashevich)

Jika kamu merasa pandai dalam membuat masakan, kamu bisa menjadikan keahlianmu menjadi bisnis di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Menurut menteri Kominfo, Johnny G. Plate, produk yang dibuat oleh UMKM memiliki potensi yang luar biasa. Sehingga kamu bisa mulai menekuni peluang usaha yang satu ini dengan baik.

Kamu bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi online dan delivery online untuk pesan antar makanan. Selain itu, kamu bisa menggunakan media sosial untuk melakukan promosi secara online.

Beberapa masakan rumahan yang sukses untuk dijual contohnya adalah sambal, kue, roti, makanan ringan, hingga makanan berat.

5. Bisnis menjual tanaman atau ikan hias

5 Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19 yang Menghasilkan Uangilustrasi ikan hias (pexels.com/GabrielKidegho)

Banyak orang yang tinggal di rumah mengalami kejenuhan dan bosan selama masa pandemi. Alhasil banyak orang pula yang mulai menjalani hobi mereka selama pandemi berlangsung dengan merawat tanaman hias dan memeliharan ikan hias.

Kamu bisa menjadikan menjual tanaman hias atau ikan hias sebagai peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online sehingga akan memberikan tambahan pemasukan selama pandemi Covid-19.

Itulah beberapa bisnis yang dapat kamu lakukan selama era pandemi Covid-19 berlangsung. Meskipun banyak bisnis yang gulung tikar, tetapi banyak juga peluang bisnis bermunculan yang bisa membantu kamu dalam mendapatkan pemasukan lebih banyak.

Ide bisnis makan yang menarik minatmu?

 

Baca Juga: 6 Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya