Comscore Tracker

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!

Fresh graduate tetap bisa menerima gaji yang besar

Jakarta, IDN Times - Optimisme harus terus dijaga oleh para fresh graduate yang ingin turun ke dunia kerja ataupun turun ke dunia wirausaha. Padahal bukan tidak mungkin seorang fresh graduate mendapatkan gaji lebih besar.

Persaingan bagi fresh graduate untuk mendapatkan lapangan kerja memang semakin sulit. Terbukti dari angka pengangguran di Indonesia yang tidak sedikit jumlahnya. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2021 adalah sebesar 9,10 juta penduduk.

Jumlah itu menurun dibanding jumlah pengangguran setahun sebelumnya yang mencapai 9,77 juta orang. Dengan demikian, maka tingkat pengangguran terbuka (TPK) Indonesia pada Agustus 2021 adalah sebesar 6,49 persen. Komposisi TPK pada Agustus 2021 mengalami penurunan sebesar 0,58 persen dari TPK di Agustus 2020 yang mencapai 7,07 persen.

Untuk itu, sebagai fresh graduate, kamu harus menyiapkan strategi agar lebih unggul dan bisa bekerja. Apalagi untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, kamu perlu usaha ekstra sebagai seorang fresh graduate.

Simak yuk, sejumlah tips dari OCBC NISP agar bisa mendapatkan gaji besar meskipun kamu seorang fresh graduate!

Baca Juga: 7 Tips Atur Keuangan dengan Gopay, Antiboncos! 

1. Belajar berwirausaha

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!Ilustrasi wirausaha perempuan. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Gaji besar tidak hanya didapatkan dengan bekerja saja. Seorang lulusan baru tetap bisa memperoleh penghasilan tinggi melalui wirausaha.

Kamu bisa mulai belajar berwirausaha saat masih kuliah. Sehingga pascalulus dari kampus, kamu bisa mengembangkan usaha tersebut hingga meraih laba tinggi.

2. Punya keahlian spesifik

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!pixabay.com/emiliopatro24

Perusahaan rela membayar lulusan baru dengan gaji besar, jika kamu mempunyai keahlian spesifik yang jarang dimiliki orang lain.

Dengan begitu, posisi pekerjaan kamu sulit tergantikan dengan sumber daya manusia lainnya. Maka, perusahaan pun tidak tanggung-tanggung memberikan upah tinggi kepada kamu.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan Bisa Ngumpulin Modal Bisnis lho, Gak Percaya?

3. Mulai bekerja sebelum lulus

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!Ilustrasi Kerja (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebelum lulus dari kampus, sebaiknya kamu mulai memperbanyak pengalaman bekerja sebagai bekal pasca lulus nantinya. Hal ini menjadikan kamu memiliki nilai plus, karena pernah merasakan bekerja di dunia profesional saat masih kuliah.

4. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!Pelaku UMKM sedang mengikuti pelatihan fotografi produk di Rumah BUMN BRI Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Salah satu cara lain mendapatkan gaji besar untuk fresh graduate adalah mengikuti pelatihan dan sertifikasi. Dengan mengikuti berbagai pelatihan, skill kamu akan terus terasah.

Tak hanya itu, sertifikasi akan menjadi bukti bahwa kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Ini akan jadi poin plus saat melamar kerja.

5. Menjalani proses magang dengan serius

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!Pexels.com/Daria Shevtsova

Sebelum terjun langsung dalam dunia kerja, sebaiknya kamu mengambil program magang yang tersedia di kampus. Saat ini, banyak perusahaan membuka kesempatan magang untuk mahasiswa. Kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar bekerja di dunia profesional.

Baca Juga: 4 Tips Keuangan saat Kembali Work From Office

6. Mengikuti program percepatan karir

6 Tips Ini Bisa Bantu Fresh Graduate Dapat Gaji Lebih Besar, Coba yuk!Ilustrasi meeting (freepik.com/klingsup)

Fresh graduate bisa mendapatkan gaji besar sekelas pimpinan dengan cara mengikuti program percepatan karier. Saat ini, banyak perusahaan membuka posisi pekerjaan dengan program percepatan karir untuk mendapatkan generasi pemimpin sedini mungkin.

Kamu bisa coba mendaftar posisi seperti Management Trainee. Jika lolos dalam program seperti ini, gaji kamu bisa jauh lebih tinggi daripada standar fresh graduate pada umumnya. 

Selamat mencoba!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya