Comscore Tracker

Menteri PUPR Singgung Pembangunan Infrastruktur di HUT ke-77 RI

Tahun 2023 terdapat lima agenda besar pemerintah

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan jika pembangunan infrastruktur Indonesia tetap menjadi prioritas pemerintah.

"Terlebih, di 2023 terdapat lima agenda besar yang telah dinyatakan oleh Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah akselerasi pembangunan infrastruktur," kata Basuki dalam sambutannya sebagai inspektur upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Viral Video Mesum Pegawai PUPR Kaltim, Polisi Buru Penyebar

1. Pembangunan infrastruktur Indonesia tetap menjadi prioritas pemerintah

Menteri PUPR Singgung Pembangunan Infrastruktur di HUT ke-77 RIIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun lima agenda besar pada 2023 yang telah disampaikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di antaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia, akselerasi pembangunan infrastruktur, penerapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi, hilirisasi industri, serta pembangunan ekonomi hijau.

"Alokasi anggaran sebesar Rp125 triliun telah diamanahkan kepada Kementerian PUPR. Dalam menerapkan kelima agenda agenda besar tersebut, pembangunan infrastruktur Indonesia tetap menjadi prioritas," katanya.

Baca Juga: PUPR Gunakan 1.626 Meter Kubik Kayu Sitaan untuk KTT G20 di Bali

2. Insan PUPR harus jadi petarung di bidang infrastuktur

Menteri PUPR Singgung Pembangunan Infrastruktur di HUT ke-77 RI(Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) www.twitter.com/@BPSDM_PUPR

Dalam melakukan tugas percepatan pembangunan infrastruktur bangsa, Basuki juga mengajak segenap insan PUPR untuk menjadi petarung di bidang infrastruktur.

Insan PUPR harus menjadi petarung yang tangguh, kuat, berintegritas, berani, dan berjiwa seni. Karena peran kita sebagai petarung dalam pembangunan infstruktur di Indonesia," katanya.

Baca Juga: Menteri PUPR: Anggaran Infrastruktur Dasar IKN Rp20,8 Triliun di 2023

3. Anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebesar Rp20,8 triliun

Menteri PUPR Singgung Pembangunan Infrastruktur di HUT ke-77 RIPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Kementerian PUPR mendapatkan pagu anggaran tahun anggaran 2023 sebesar Rp125,2 triliun. Angka tersebut sudah termasuk dengan anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebesar Rp20,8 triliun.

"Pagu PU sudah termasuk dengan dukungan untuk infrastruktur dasar IKN sebesar Rp20,8 triliun. Total IKN untuk yang prasarana dasar untuk kawasan inti pemerintahan itu sebesar Rp43 triliun dari tahun 2022 sampai 2024," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat konferensi pers nota keuangan dan RUU APBN 2023 pada Selasa (16/8/2022).

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya