Comscore Tracker

15 Jalan Tol Siap Diresmikan Sepanjang Tahun Ini

Beberapa ruas tol juga siap dilelang

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 15 ruas jalan tol siap diresmikan oleh Kementerkan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini. Lima di antaranya akan diresmikan pada bulan Juni-Juli tahun ini.

"Jalan tol yang siap diresmikan pada 2020 sejumlah 15 ruas sepanjang 297 km," kata Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Trisasongko Widianto seperti dikutip Antara, Rabu (17/6).

1. Daftar lima ruas yang siap diresmikan

15 Jalan Tol Siap Diresmikan Sepanjang Tahun IniIlustrasi jalan tol. IDN Times/ Helmi Shemi

Adapun lima ruas yang siap diresmikan pada Juni-Juli yakni Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km, Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi 1 hingga 6 sepanjang 131 km, Depok-Antasari Seksi 2 sepanjang 6 km. Selanjutnya ada Cimanggis-Cibitung Seksi 1A sepanjang 3 km, dan Manado-Bitung Seksi 1 dan Seksi 2A sepanjang 21 km.

"Jalan tol yang siap dilelangkan tahun 2020 sejumlah 12 ruas jalan, sepanjang 669 km dengan perkiraan biaya investasi sebesar Rp242 triliun," ucapnya

Baca Juga: Siap-siap! Jalan Tol Balsam Bakal Nyambung ke Pusat Ibu Kota Negara

2. Ada juga ruas tol yang siap dilelang tahun ini

15 Jalan Tol Siap Diresmikan Sepanjang Tahun IniIlustrasi Jalan tol. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, ada beberapa ruas tol yang siap dilelang, diantaranya Gedebage- Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Akses Patimban, Jogja-Bawen, Solo-Yogyakarta-NYIA, dan Harbour Toll Road Semarang.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan mengatakan pihaknya juga sudah melakukan market sounding untuk investasi baru 10 ruas proyek tol baru.

"Jadi Kulon Progo-Yogya-Solo sepanjang 76 km ini proses lelangnya sudah mulai, dan 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya. Mudah-mudahan sekitar September-Oktober kalau bisa sudah mulai konstruksinya, dengan pembebasan lahan dulu," ujarnya.

Kemudian, Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Pelabuhan Semarang, Semanan-Balaraja, Cikunir-Karawaci, Cikunir-Ulujami, dan multi lane free flow atau sistem pembayaran di tol tanpa buka pintu.

3. Kementerian PUPR kejar target pembangunan lima bendungan

15 Jalan Tol Siap Diresmikan Sepanjang Tahun IniTak hanya dipemukiman, Bendungan Waduk Benanga nyatanya juga mengalami penyusutan debit air. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Basuki menambahkan pihaknya juga akan mengejar target pembangunan lima bendungan tahun ini. Bendungan itu akan dibangun di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, dan Gorontalo.

"Sekarang sedang proses lelang dan konstruksi," ucapnya.

Baca Juga: Tol Cilacap-Jogja Dibangun Mulai 2022, Kebumen Minta Tiga Exit Tol

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya