Comscore Tracker

Diresmikan Jokowi, Bansos Tunai Rp300 Ribu per Bulan Siap Meluncur

Anggaran sebesar Rp110 triliun sudah disiapkan untuk bansos

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini meluncurkan program Bantuan Tunai se-Indonesia Tahun 2021 di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam peluncuran ini, pemerintah melanjutkan program bansos sebelumnya yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan program sembako.

"Tahun 2021 ini penyaluran bansos akan terus kita lanjutkan dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak COVID-19. Artinya bantuan ini dimulai hari ini disalurkan ke 34 provinsi," kata Jokowi dalam siaran langsung di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/12/2020).

1. Bansos diberikan dalam beberapa tahap

Diresmikan Jokowi, Bansos Tunai Rp300 Ribu per Bulan Siap MeluncurIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Jokowi menyampaikan, bansos yang diberikan pemerintah akan disalurkan dalam beberapa tahap. PKH misalnya, akan disalurkan dalam empat tahap melalui bank-bank milik negara seperti Bank Mandiri, Bank BNI hingga Bank BRI. Program sembako juga akan disalurkan dari Januari sampai Desember 2021 dengan besaran Rp200 ribu per bulan.

"Kemudian BST dibeirkan selama 4 bulan, Januari-April nilainya Rp300 ribu per bulan per KK. Ini sudah jelas semuanya," ucap dia.

Baca Juga: Cair Januari, Ini Cara Cek Daftar Penerima Bansos Tunai Rp300 Ribu

2. Jokowi harapkan bansos dapat ringankan keluarga yang terdampak COVID-19

Diresmikan Jokowi, Bansos Tunai Rp300 Ribu per Bulan Siap MeluncurPeluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia oleh Presiden Jokowi (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi berharap bansos dari pemerintah dapat meringankan beban dari keluarga yang terdampak COVID-19. Pemerintah juga berharap bansos dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memeprkuat daya beli masyarakat serhingga bisa membuat ekonomi nasional menjadi lebih baik," ucap dia.

3. Jokowi minta kepala daerah kawal program bansos dengan baik

Diresmikan Jokowi, Bansos Tunai Rp300 Ribu per Bulan Siap MeluncurPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Mantan Wali Kota Solo itu meminta kepada para gubernur dan menteri untuk mengawal program bansos dengan baik agar bisa tersalurkan secara optimal ke masyarakat. Dengan demikian, masyarakat bisa benar-benar merasakan manfaat yang diberikan pemerintah.

"Agar mengawal proses penyaluran ini. agar cepat, tepat sasaran dan diawasi agar tidak ada potongan. Sehingga dampak ekonomi bisa muncul dan tentu saja rakyat tidak menunggu terlalu lama. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya luncurkan bantuan tunai se-Indonesia tahun 2021," ujarnya.

Baca Juga: Cara Mengecek Penerima Bansos Tunai Rp300 Ribu dari Kemensos

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya