Comscore Tracker

Dukung Kebijakan PSBB, Pemerintah Siapkan Bantuan Paket Sembako

Anggaran dari kebijakan ini menunggu finalisasi Kemensos

Jakarta, IDN Times - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19 akan mulai diberlakukan secara efektif di seluruh area DKI Jakarta pada Jumat (10/4). Untuk mendukung kebijakan ini, pemerintah telah menyiapkan insentif dalam bentuk paket sembako kepada masyarakat yang terdampak. 

"Skema lain bahwa untuk mensupport kebijakan PSBB maka di daerah sekitar Jabodetabek ini lagi juga disiapkan oleh kemensos bersama DKI Jakarta dan disupport presiden untuk juga diberikan bantuan paket pangan yang bentuknya komoditi," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani dalam video conference, Rabu (8/4). 

1. Penerima manfaat dari bantuan paket sembako ini akan mengacu pada data pemerintah daerah

Dukung Kebijakan PSBB, Pemerintah Siapkan Bantuan Paket SembakoKemensos salurkan 200 ribu paket sembako (Dok. Kemensos)

Askolani menjelaskan, pemberian paket ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang berhak. Pemerintah pusat akan menggunkan basis data dari pemda. 

"Commodity ini akan disiapkan oleh konsorsium, disitu ada PD Pasar Jaya dan lainnya yang intinya akan menyealurkan komoditas pangan, beras, minyak atau kebutuhan pokok lainnya yang dibeirkan ke rumah tangga frekuensinya bisa 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali," jelas Asko.

"Ini tambahan untuk masyarakat yang terdampak COVID-19. Paket ini sedang disiapkan dengan konsorsium. Kemudian menyiapkan teknik disitrubusi ke masyarakat. Kemensos menggunakan basis data di Pemda," tambahnya.

Baca Juga: Kemensos Salurkan 200 Ribu Paket Sembako di Jakarta, Termasuk bagi ODP

2. Anggaran bantuan sembako menunggu data dari pemda

Dukung Kebijakan PSBB, Pemerintah Siapkan Bantuan Paket SembakoIDN Times/Daruwaskita

Perihal anggaran, pihak Kemenkeu masih menunggu finalisasi dari Kementerian Sosial. Selanjutnya, anggaran itu akan keluar sejalan dengan implementasinya. 

"Kebijakan ini akan dilaunching oleh kemensos dan pemda dalam waktu dekat dalam mendukung PSBB," tegasnya.

3. Jokowi akan bagikan paket sembako Rp600 ribu per KK

Dukung Kebijakan PSBB, Pemerintah Siapkan Bantuan Paket Sembako(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menteri Sosial Juliari Batubara menyampaikan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memberikan bantuan berupa paket sembako bagi masyarakat kalangan bawah. Bantuan berupa paket sembako dengan nilai Rp600 ribu per keluarga yang terdampak pandemik virus corona atau COVID-19.

Namun, kebijakan ini hanya untuk penduduk di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi. "Akan ada bansos khusus dari presiden untuk Jabodetabek yaitu berupa paket sembako dengan nilai Rp600 ribu per keluarga," kata Juliari 

Baca Juga: Tanggulangi Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan Bansos PKH Setiap Bulan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya