Comscore Tracker

Ekonomi RI 2020 Diprediksi Gagal Melejit, Hanya Tumbuh 5,1 Persen

Perekonomian global masih jadi faktor utama

Jakarta, IDN Times - Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2020 hanya mencapai 4,9-5,1 persen. Ini artinya, ekonomi Indonesia gagal melejit di tahun depan. 

"Artinya, ini bisa kurang lebih sama atau bisa lebih rendah daripada tahun ini. Kalau kita melihat range-nya 0,2 persen, ini agak kurang biasa," kata Direktur Eksekutif CORE Mohammad Faisal dalam CORE Economic Outlook 2020 di Jakarta, Rabu (20/11). 

1. Pertumbuhan ekonomi global beri pengaruh ke pertumbuhan ekonomi domestik

Ekonomi RI 2020 Diprediksi Gagal Melejit, Hanya Tumbuh 5,1 PersenIDN Times/Uni Lubis

Dari sisi global, lanjut Faisal, perlambatan ekonomi di Tiongkok dan Amerika Serikat ikut memberi pengaruh. Selain itu, perang dagang kedua negara malah bisa semakin memperburuk laju pertumbuhan ekonomi.

"Bisa jadi lebih negatif jika eskalasi perang dagang berlanjut dan ekonomi global melemah," jelas dia.

 

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Melambat, Ini Sebabnya 

2. Bisa berdampak positif apabila Trump gagal terpilih kembali menjadi Presiden AS

Ekonomi RI 2020 Diprediksi Gagal Melejit, Hanya Tumbuh 5,1 PersenPresiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan reli kampanye di Lake Charles, Louisiana, Amerika Serikat, pada 11 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Kondisi perekonomian global diprediksi bisa membaik bila Presiden AS Donald Trump gagal terpilih pada pemilihan presiden AS di 2020. Sebab, perang dagang antara AS dan Tiongkok berpotensi tidak berlanjut bila Trump gagal melanjutkan periode selanjutnya. 

"Tapi bisa berlanjut lagi, jika Trump terpilih. Dan harga minyak di baseline kita prediksikan melemah, tapi bisa juga meningkat ketika ada faktor geopolitik yang memengaruhi secara tiba-tiba," jelas dia.

3. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2019 hanya mencapai 5,02 persen

Ekonomi RI 2020 Diprediksi Gagal Melejit, Hanya Tumbuh 5,1 PersenIDN Times / Auriga Agustina

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,02 persen di triwulan III-2019. Angka ini lebih rendah dibanding kuartal III-2018 yang tumbuh sebesar 5,17 persen. 

Capaian pertumbuhan ekonomi tersebut juga lebih rendah dibanding kuartal II-2019 yang tumbuh 5,05 persen dan kuartal I-2019 yang sebesar 5,07 persen. 

 

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Stagnan 5 Persen, Jokowi: Jangan Kufur Nikmat! 

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You