Comscore Tracker

Ekonomi RI Diklaim di Peringkat 4 setelah Tiongkok, Korsel dan Vietnam

Ekonomi RI mengalami perbaikan selama pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Prospek ekonomi Indonesia di masa depan dinilai cerah dan menjanjikan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemik COVID-19 berhasil menduduki peringkat empat setelah Tiongkok, Vietnam, dan Korea Selatan. 

Hal ini, menurutnya, didorong oleh upaya pemulihan ekonomi nasional yang sudah berada dalam jalur yang benar.

“Di tengah pandemi, investasi di Indonesia tetap meningkat sebesar Rp826,3 triliun,” tulis Menko Airlangga seperti dilihat dari akun resmi instagramnya, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Airlangga Klaim Kasus Aktif COVID-19 Turun 17,27 Persen dalam Sepekan

1. Airlangga optimis ekonomi RI tumbuh 5 persen di 2021

Ekonomi RI Diklaim di Peringkat 4 setelah Tiongkok, Korsel dan VietnamIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Menteri Perindustrian ini mengatakan bahwa berbagai sektor di capital market, mengalami perbaikan dibandingkan awal 2020. Dia optimistis pertumbuhan ekonomi dalam negeri di 2021 dapat tumbuh 5 persen.

"Lembaga-lembaga dunia juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan positif 4,4 persen - 4,8 persen. Tentu pemerintah akan tetap menargetkan 5 persen,” ujar Airlangga.

Adapun sepanjang 2020 lalu pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar minus 2,07 persen.

Meski mengalami kontraksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat mengalami perbaikan. Pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 5,32 persen. Kemudian, pada kuartal III mengalami sebesar minus 3,49 persen. Sedangkan, pada kuartal IV minus 2,19 persen.

2. Masyarakat diminta tetap patuhi 3M

Ekonomi RI Diklaim di Peringkat 4 setelah Tiongkok, Korsel dan VietnamAnggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Nabire saat memberikan brosur protokol kesehatan COVID-19 kepada Mama-mama Papua (Dokumentasi Bid Humas Polda Papua/Istimewa)

Baca Juga: Pelanggaran Protokol Kesehatan Masih Terjadi saat PPKM Mikro di Sleman

Pria yang jug Ketua Umum Partai Golkar ini meminta masyarakat agar tetap patuhi menjalankan protokol kesehatan guna mendukung pemulihan ekonomi. Menurutnya, pemulihan di bidang sosial dan ekonomi perlu didukung oleh semua pihak, termasuk masyarakat.

"Pemerintah fokus bekerja, kita jangan lupa berdoa. Tetap menjaga kesehatan dan selalu disiplin dalam 3M," tutur Airlangga.

3. Airlangga optimis ekonomi Indonesia kuartal I 2021 tumbuh positif

Ekonomi RI Diklaim di Peringkat 4 setelah Tiongkok, Korsel dan VietnamIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Diberitakan sebelumnya, Airlangga optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2021 akan tumbuh di zona positif. Dia memperkirakan ekonomi domestik tumbuh di kisaran 1,6 persen (yoy) hingga 2,1 persen (yoy).

“Pemerintah akan mendorong konsumsi rumah tangga dan diharapkan bisa tumbuh di kisaran 1,3 persen yoy sampai 1,8 persen yoy,” katanya.

Baca Juga: Jokowi: Lockdown Mikro Tidak Merusak Pertumbuhan Ekonomi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya