Janji Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Lion Air Masih Mahal

Untuk tujuan Jakarta-Denpasar harganya masih Rp1 jutaan

Jakarta, IDN Times - Maskapai Lion Air hari ini berjanji menurunkan tarif tiket pesawat. Penundaan penurunan tiket sebelumnya telah disampaikan Lion kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono membenarkannya. Dia menjelaskan, penundaan penurunan tarif tiket lantaran Lion Air harus melakukan penyesuaian terhadap sistemnya. Oleh sebab itu, penyesuaian tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar.

"Ada penyesuaian sistem. Dia kemarin rapat Jumat. Lion langsung laporan di internal mereka akan ada sistem terintegrasi untuk pricing dan update system," ujarnya kepada IDN Times belum lama ini.

Benarkah sudah terjadi penurunan tarif?

1. Tiket Lion Air masih mahal

Janji Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Lion Air Masih MahalIDN Times/Hana Adi Perdana

Pantauan IDN Times di sejumlah agen penjualan online, harga tiket pesawat Lion Air masih mahal. Rute Jakarta-Denpasar misalnya, Traveloka menjual dengan harga Rp1,6 juta. Agen penjualan lainnya seperti Tiket.com juga menjual dengan harga yang sama.

Namun, harga itu berlaku untuk penerbangan pukul 16.00 WIB. Tidak ada tiket yang dijual pada jam-jam khusus tiket murah yakni pada pukul 10.00 WIB-14.00 WIB.

2. Tiket murah malah tersedia di bukan waktu yang sesuai ketentuan

Janji Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Lion Air Masih MahalIDN Times/Hana Adi Perdana

Tiket murah justru dijual Lion Air pada waktu yang bukan ketentuan dalam penjualan tiket pesawat murah. Seperti diketahui, tiket murah dijual pada waktu tertentu yakni Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.00 hingga 14.00.

Tiket murah yang dijual Lion Air untuk rute Jakarta-Denpasar, tersedia pada 29 Juli 2019 untuk penerbangan pukul 13.30 WIB dan 15.40 WIB.

Baca Juga: Garuda Indonesia Bagi-bagi Tiket Murah, Diskonnya Sampai 50 Persen Lho

3. Citilink sudah lebih dahulu menurunkan

Janji Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Lion Air Masih MahalIDN Times/Istimewa

Maskapai Citilink justru sudah menurunkan tarif tiket pesawat terlebih dahulu. Pada agen penjualan online Traveloka misalnya, menjual tiket pesawat Citilink untuk penerbangan pada Selasa (16/7) lalu, dengan tujuan Jakarta-Yogyakarta (YIA) sebesar Rp423 ribu untuk penerbangan pukul 11.30. Sedangkan penerbangan pukul 12.45 WIB dijual dengan harga Rp472 ribu.

Tarif tersebut berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Di luar dari hari-hari tersebut, tarif yang dijual adalah sebesar Rp723 ribu.

Sementara itu untuk tujuan Jakarta-Medan, juga terjadi penurunan signifikan. 

Untuk penerbangan pada Sabtu (27/7), Citilink menjualnya dengan harga Rp911 ribu dengan waktu penerbangan pukul 12.25. Sementara itu, agen penjualan online Tiket.com, tujuan Halim (HLP)-Yogyakarta (YIA) dijual dengan harga Rp790 ribu.

4. Lion Air belum beri keterangan

Janji Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Lion Air Masih MahalDok.IDN Times/Istimewa

Hingga berita ini dimuat, belum ada penjelasan dari pihak Lion Air. IDN Times sudah melakukan upaya komunikasi dengan pihak terkait.

Baca Juga: Tiket Pesawat Masih Mahal, Lion Air Minta Waktu hingga Pekan Depan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You