Comscore Tracker

Kemenhub Siapkan Layanan Eksekutif Heli-Taxi di Bandara Kertajati

Langkah ini diharapkan meningkatkan antusiasme masyarakat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan terus berupaya mendorong jumlah penumpang di Bandara Kertajati, Jawa Barat. Selain menyiapkan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis, rencananya Kemenhub juga akan menyiapkan layanan eksekutif bekerja sama dengan Heli-Taxi.

Langkah itu diambil sebagai alternatif untuk menunggu pembangunan tol Cisamdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun ini. 

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7) kemarin.

1. Layanan eksekutif Heli-Taxi

Kemenhub Siapkan Layanan Eksekutif Heli-Taxi di Bandara KertajatiDok.IDN Times/Istimewa

Tidak hanya memberi bus gratis, Menhub Budi bakal menyiapkan layanan eksekutif bekerja sama dengan Heli-Taxi. Layanan ini memungkinkan penumpang menuju Bandara Kertajati dengan menggunakan helikopter.

"Kita juga akan kerja sama dengan heli-taxi, jadi kalau nanti ada penumpang yang ingin kenyamanan dan pelayanan eksekutif, ada alternatifnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/7).

Rencananya kerja sama ini akan mulai dibicarakan dalam waktu dua minggu ke depan. Sehingga BIJB Kertajati ini dapat mengakomodir segala bentuk penerbangan. 

Baca Juga: Damri dari dan ke Bandara Kertajati akan Digratiskan Selama Setahun

2. Memberi kepastian aksesibilitas ke Bandara Kertajati

Kemenhub Siapkan Layanan Eksekutif Heli-Taxi di Bandara KertajatiIDN Times/Debbie Sutrisno

Menhub Budi mengatakan, upaya pemberian subsidi gratis pada bus Damri dilakukan untuk memastikan kemudahan akses masyarakat menuju Bandara Kertajati, Majalengka. Diharapkan, langkah ini juga bisa meningkatkan antusiasme masyarakat untuk terbang dari salah satu bandara terbesar di Indonesia tersebut.

"Pemberian subsidi dilakukan untuk memastikan bahwa aksesibilitas dari Bandung ke Kertajati itu menjadi lebih pasti dan sambil menunggu Tol Cisumdawu yang dijanjikan Pak menteri PUPR selesai dalam satu tahun. Jadi selama satu tahun ini Pemerintah Pusat akan mensubsidi bus Damri gratis," jelasnya.

3. Bus Damri gratis sebagai kompensasi pemerintah untuk masyarakat

Kemenhub Siapkan Layanan Eksekutif Heli-Taxi di Bandara KertajatiIDN Times/Galih Persiana

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menjelaskan, kebijakan pemberian subsidi bus Damri Gratis dilakukan sebagai bentuk kompensasi waktu dan biaya yang dihabiskan penumpang.

"Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu yang lebih banyak jika mendarat di Kertajati dibandingkan dengan di Bandung. Ini juga akan mengurangi cost yang mereka keluarkan,” ungkapnya.

4. Tidak semua lokasi nikmati bus Damri gratis

Kemenhub Siapkan Layanan Eksekutif Heli-Taxi di Bandara KertajatiIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia mengungkapkan, bus Damri yang digratiskan selama satu tahun nanti, dibatasi hanya pada tempat-tempat yang memang mempunyai penumpang yang banyak. Misalnya Karawang, Cirebon dan Bandung. 

Untuk itu, dirinya meminta Dirjen Perhubungan Darat berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menentukan rute-rute mana saja yang akan digratiskan.

“Kami serahkan kepada kadishub dan Dirjen Darat untuk menetapkan," jelas dia.

Baca Juga: Menjajal Bus Damri Gratis dari Bandung ke BIJB Kertajati di Majalengka

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya