Comscore Tracker

Mantul! Garuda Beri Diskon Tiket Pesawat 30 Persen, Catat Waktunya

Diskon tarif ini telah dikoordinasikan dengan pihak terkait

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa maskapai Garuda Indonesia memberi diskon tiket pesawat sebesar 30 persen. Diskon ini berlaku untuk pembelian di waktu Senin-Kamis. 

Pemberian diskon sekaligus menyikapi mahalnya tarif tiket jelang libur Natal dan Tahun Baru. 

"Kami dapat konfirmasi dari Garuda ada tiket dengan harga lebih murah, 30 persen lebih murah untuk hari Senin sampai Kamis," kata Budi dalam jumpa pers akhir tahun di Kemenhub, Jakarta, Kamis (5/12).

1. Menhub imbau masyarakat tak beli tiket pesawat saat akhir pekan

Mantul! Garuda Beri Diskon Tiket Pesawat 30 Persen, Catat WaktunyaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menhub Budi mengimbau agar masyarakat yang ingin menikmati diskon tersebut, untuk membeli tiket di hari Senin-Kamis. Garuda Indonesia, kata Budi, sudah komitmen untuk menyediakan tiket murah untuk keberangkatan Senin hingga Kamis. Maskapai lainnya diharapkan segera menyusul. 

"Garuda sudah melakukan, Insyaallah Lion Air juga. Jadi bagi pemudik jangan mudiknya hanya Minggu. Jadi Senin sampai Kamis harganya lebih murah," ungkapnya.

Baca Juga: Garuda Indonesia Jamin Natal dan Tahun Baru Harga Tiket Tidak Naik

2. Pemberian diskon tarif tiket pesawat didasari atas komitmen bersama para pemangku kepentingan terkait

Mantul! Garuda Beri Diskon Tiket Pesawat 30 Persen, Catat WaktunyaDirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti. IDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti menyatakan pemberian diskon ini sudah melalui koordinasi dengan Kementerian ESDM, Kemenhub, Kementerian BUMN yang dikoordinasi oleh Kemenko Kemaritiman. Para pemangku kepentingan terkait tersebut bakal memberi dukungan kepada maskapai untuk menyediakan tiket pesawat murah.

"Jadi itu ada sudah ada kordinasi antara ESDM, Kemenhub, BUMN dan dikoordinisasi oleh Menko Maritim (Luhut), maka ada niat baik dari maskapai untuk melakukan diskon di hari-hari yang gak padat," ungkapnya.

Selain itu, Pertamina saat ini sedang melakukan pembahasan soal dukungannya lewat penurunan harga avtur. "Jadi ada komitmen dari Pertamina untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian avtur, namun masih dalam proses pembahasan," kata Polana.

"Harga tiket yang ada saat ini ga melanggar ketentuan yang ada di Kemenhub. Namun ada pertimbangan-pertimbangan tadi, daya beli masyarakat," tambahnya.

3. Kemenhub evaluasi masa berlakunya diskon tiket pesawat 30 persen

Mantul! Garuda Beri Diskon Tiket Pesawat 30 Persen, Catat WaktunyaIDN Times / Rahmat Arief

Selain itu, Polana menjelaskan bahwa Kemenhub bersama maskapai bakal melakukan evaluasi atas pemberlakuan diskon tiket tersebut. Sebab, pihaknya juga tidak ingin bisnis maskapai mengalami kerugian. 

"Airlines nggak boleh rugi juga. Airlines punya niat baik untuk menyediakan tiket murah," paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk belum memberikan konfirmasi terkait diskon pesawat ini. IDN Times coba menghubungi pihak terkait, namun belum ada jawaban. 

Belum ada kepastian kapan kebijakan ini bakal berlaku. Kendati demikian, diskon ini disebut mulai berlaku saat memasuki libur natal dan tahun baru. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Air Asia Promo Rp188 Ribu ke Bali Hingga Korea Selatan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You