Comscore Tracker

Pesawat Kargo Hilang Kontak di Papua, Pencarian Masih Berlangsung

Proses pencarian masih dilakukan

Jakarta, IDN Times - Pesawat DHC6 REG PK-DCD Fligth Twin Otter milik PT Carpediem Aviasi Mandiri dilaporkan hilang kontak pada Rabu (18/9). Pesawat bermuatan kargo ini berangkat dari Bandar Udara Mozes Kilangin Timika menuju Bandar Udara Ilaga.

Hingga berita ini diturunkan, keberadaan pesawat tersebut masih belum terdeteksi. Petugas masih terus melakukan pencarian.

1. Kronologi pesawat hilang kontak

Pesawat Kargo Hilang Kontak di Papua, Pencarian Masih BerlangsungPexels.com/Pixabay

Pelaksana tugas (Plt) Kadishub Papua Yan Purba mengatakan pesawat berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika pada pukul 10.39 WIT. Rencananya, pesawat tersebut mendarat di Bandara Aminggaru, Kabupaten Illaga pada pukul 11.29 WIT.

"Sampai saat ini pesawat belum mendarat," kata Yan dalam keterangan resminya, Rabu (18/9).

Baca Juga: Ini Akar Permasalahan di Papua Menurut LIPI

2. Daftar penumpang dan kru

Pesawat Kargo Hilang Kontak di Papua, Pencarian Masih Berlangsungpexels.com/SouravMishra

Adapun daftar penumpang dan kru yang ada di dalam pesawat yakni Captain Dasep Sobirin, Flight Officer (FO) Yudra Tutuko dan EOB Ujang Suhendar. Pesawat tersebut juga membawa muatan beras seberat 1.700 kilogram.

3. Kemenhub berkoordinasi lakukan pencarian

Pesawat Kargo Hilang Kontak di Papua, Pencarian Masih BerlangsungANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B. Pramesti, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Basarnas, Airnav, Pangkalan Udara Yohanis Kapiyau dan juga operator penerbangan untuk mencari titik lokasi keberadaan pesawat tersebut.

"Kami berharap pesawat yang mengalami lost contact segera dapat ditemukan dan mengimbau kepada para maskapai penerbangan khususnya yang beroperasi di daerah Papua untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan," tuturnya.

Baca Juga: Kenang Habibie, Pesawat N250 Gatot Kaca Akan Dimuseumkan di Yogyakarta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You