Comscore Tracker

Sukses di G20, Erick Thohir Apresiasi Kolaborasi BUMN

Erick Thohir siapkan kolaborasi berkelanjutan

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi kolaborasi seluruh perusahaan dan BUMN dalam mensukseskan Presidensi G20.

“Saya harus apresiasi, di balik suksesnya pelaksanaan salah satu perhelatan dunia ini, banyak pihak yang bekerja keras luar biasa,” kata Erick dalam keterangannya dikutip, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Erick Thohir: Punya Modal Ekonomi Penting, RI Punya Masa Depan Cerah

1. Produk unggulan UMKM nasabah PNM diapresiasi

Sukses di G20, Erick Thohir Apresiasi Kolaborasi BUMNPNM melakukan pendampingan berupa perkenalan produk dan penjualan produk usaha nasabah PNM ULaMM dan Mekaar melalui event Mandalika Experience EXPO 2022. (Dok. PNM)

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga mengapresiasi pencapaian UMKM nasabah PNM, yang mana lima produk unggulannya berhasil unjuk gigi di ajang Internasional sehingga diyakini berpotensi untuk naik kelas.

"Tentunya hal ini sejalan dengan salah satu pilar prioritas G20 untuk meningkatkan produktivitas untuk pemulihan ekonomi masyarakat," katanya.

Erick Thohir menyampaikan selain mengajarkan keberagaman, yang paling penting G20 berhasil mensejajarkan Indonesia dengan bangsa lain, dan ini harus dipertahankan.

"Presidensi G20 memiliki makna keberlanjutan, sehingga melalui momen ini Erick menyampaikan komitmennya untuk mempererat dan meningkatkan komunikasi serta kolaborasi yang berkelanjutan bagi PT PNM, PT Pegadaian, PT BRI, serta seluruh insan BUMN lainnya," jelas Erick.

 

Baca Juga: Erick Thohir: Jelang Nataru, Stok Beras Bulog Aman

2. G20 mengajarkan insan BUMN pentingnya kerja sama internasional

Sukses di G20, Erick Thohir Apresiasi Kolaborasi BUMNPresiden Joko Widodo (tengah) disaksikan Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni (kanan) membuka secara resmi KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)

Erick menuturkan, G20 juga mengajarkan insan BUMN pentingnya kerja sama internasional yang inklusif, selain itu perlunya dukungan bagi peningkatan nilai tambah melalui investasi yang inklusif berkelanjutan di sektor-sektor produktif seperti sektor manufaktor hilir, perdagangan digital serta jasa.

"Kemudian menjembatani investor asing dengan perusahaan lokal, terutama yang berskala kecil dan menengah," tutur dia.

Dampak Presidensi G20 terhadap perekonomian Indonesia tak main-main, RI meraih komitmen pendanaan hingga 929,4 miliar dolar AS untuk sejumlah proyek infrastruktur hingga transisi energi.

3. Penyaluran pembiayaan capai Rp160,6 triliun per 29 November 2022

Sukses di G20, Erick Thohir Apresiasi Kolaborasi BUMNPT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pendampingan dan pelatihan berupa kunjungan usaha kepada 6 Nasabah PNM Mekaar di Desa Manikliyu, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali, pada Kamis (24/2). (Dok. PNM)

Sebagai informasi, bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian dengan total nasabah hingga 29 November 2022 PNM 29 November 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp160,6 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,3 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 4213 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 6158 Kecamatan.

Baca Juga: PNM Targetkan 13 Juta Nasabah PNM Mekaar hingga Akhir 2022

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya