Comscore Tracker

Tak Penuhi Kelengkapan Dokumen, 4.599 Kendaraan Diputarbalikkan

Catatan Jasa Marga pada hari kedua dan H+3 Lebaran 2020

Jakarta, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan mencatat 4.599 kendaraan menuju Jakarta dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Karawang Barat di check point KM 47B Karawang Barat.

Jasa Marga mencatat kejadian tersebut pada hari kedua Lebaran hingga hari ketiga setelah Lebaran 2020 (H+3).

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati mengatakan, dari total 4.599 kendaraan yang dialihkan tersebut, sebanyak 226 adalah kendaraan angkutan penumpang dan 4.373 merupakan kendaraan pribadi.

“Di check point diberlakukan proses pengecekan dokumen perjalanan kendaraan pribadi yang menuju ke arah Jakarta oleh petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan,” kata Widiyatmiko dalam keterangan resminya, Jumat (29/5).

1. Jasa Marga imbau kendaraan penuhi kelengkapan dokumen

Tak Penuhi Kelengkapan Dokumen, 4.599 Kendaraan DiputarbalikkanDok. Jasa Marga

Widiyatmiko menambahkan bahwa kendaraan pribadi yang tidak memiliki dokumen lengkap sesuai dengan syarat perjalanan dikeluarkan ke akses Karawang Barat KM 47 untuk kembali ke arah Cikampek. Ia mengimbau kepada kendaraan yang akan kembali ke Jakarta khususnya untuk memenuhi kelengkapan dokumen yang berlaku.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan COVID-19, batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak, serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah," tutur dia.

Baca Juga: Jasa Marga: Rest Area Tol Tetap Buka selama Lebaran

2. H+2 sampai H+3 Lebaran 2020, Jasa Marga catat 234.000 kendaraan menuju Jakarta

Tak Penuhi Kelengkapan Dokumen, 4.599 Kendaraan DiputarbalikkanDok.IDN Times/Istimewa

Hari kedua Lebaran hingga hari ketiga sesudah Lebaran (H+3), Jasa Marga mencatat total 234.531 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat, dan arah Selatan. Volume lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta ini turun 73 persen dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019.

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 32,8 persen dari arah Timur, 34,6 persen dari arah Barat, dan 32,6 persen dari arah Selatan.

3. Warga harus urus SIKM hingga pandemik COVID-19 berakhir

Tak Penuhi Kelengkapan Dokumen, 4.599 Kendaraan DiputarbalikkanKadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pelaksanaan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dalam rangka arus balik Lebaran di perbatasan kawasan Jabodetabek dengan wilayah lain, masih akan dilaksanakan hingga (7/6).

Setelah itu, pemeriksaan SIKM akan tetap dilakukan dengan lokasi pemeriksaan yang ditarik mundur, yaitu di perbatasan wilayah administrasi Jakarta dengan kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

"Sehingga, pemeriksaan SIKM ini akan terus dilakukan sampai dengan penetapan COVID-19 sebagai bencana nasional non-alam dinyatakan selesai," ungkap Syafrin dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Jasa Marga Catat 37 Ribu Kendaraan Keluar DKI di Hari Pertama Lebaran

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya