Comscore Tracker

Tiket Pesawat Murah, Menhub: Agar Terjangkau Bagi Masyarakat

Apalagi, pesawat merupakan salah satu transportasi favorit

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah memberi kepastian terkait tarif tiket pesawat yang terjangkau bagi masyarakat. Hal itu diputuskan dalam rapat koordinasi yang dilakukan dengan kementerian dan pihak terkait, Senin (8/7).

Hasil rapat menyepakati ketersediaan 30 persen tiket pesawat dengan harga 50 persen di bawah tarif batas atas maskapai LCC (low cost carrier).

Baca Juga: Pengamat: Kebijakan Diskon Tiket Pesawat 50 Persen Setengah Hati

1. Upaya dalam menyediakan harga tiket pesawat yang terjangkau

Tiket Pesawat Murah, Menhub: Agar Terjangkau Bagi MasyarakatIDN Times/Rahmat Arief

Menteri Perhubundan Budi Karya Sumadi mengatakan, langkah itu dilakukan pemerintah dalam menyediakan tarif yang terjangkau bagi masyarakat. Apalagi, pesawat merupakan salah satu transportasi favorit bagi masyarakat.

"Yang jelas itu upaya pemerintah untuk memberikan tiket yang terjangkau bagi masyaraat," ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (8/7) malam.

2. Mengapresiasi semua pihak terkait

Tiket Pesawat Murah, Menhub: Agar Terjangkau Bagi Masyarakat(Ilustrasi maskapai penerbangan) ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini mengapresiasi penurunan tarif tiket pesawat. Dia berharap langkah ini bisa menyelesaikan polemik tiket pesawat yang mahal.

"Saya memberi apresiasi ke semua pihak atas apa yang sudah dilakukan," ungkapnya.

3. Penurunan harga tiket pesawat 50 persen dari TBA mulai 11 Juli

Tiket Pesawat Murah, Menhub: Agar Terjangkau Bagi MasyarakatIDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya, pemerintah akan memberlakukan harga tiket pesawat murah dengan penurunan sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk penerbangan Low Cost Carier (LCC) domestik mulai 11 Juli mendatang. Untuk realisasinya, nantinya akan ada 208 penerbangan dan 11.626 kursi pesawat murah yang disediakan oleh Citilink dan Lion Air Group untuk penerbangan domestik.

Citilink akan menyiapkan 62 penerbangan per hari dengan total kursi 3.348 pada hari Selasa, Kamis, Sabtu di jam 10.00 hingga 14.00. Sementara Lion Air Group akan menyiapkan 146 penerbangan dengan total 8.278 kursi per hari

Baca Juga: Mulai 11 Juli, 11 Ribu Lebih Tiket Kursi Pesawat Murah Bakal Dijual

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Just For You