Comscore Tracker

2 Keuntungan Kalau UMKM Bisa Ekspor Serentak 

Apa saja keuntungannya?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, dilibatkannya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pelepasan ekspor serentak akan membuat Indonesia mendapat dua keuntungan.

"Dari kami Kementerian Perdagangan mendorong UMKM untuk bisa ekspor. Ekspor itu penting, kami menyadari upaya dalam pemulihan ekonomi nasional sekarang ini adalah dengan membangkitkan dan memperkuat UMKM Indonesia. Salah satu caranya adalah mendorong mereka supaya bisa mengakses pasar ekspor," kata Staf Khusus Menteri Perdagangan, Alexander Yahya Datuk dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/8/2020).

1. Keuntungan bagi perekonomian Indonesia

2 Keuntungan Kalau UMKM Bisa Ekspor Serentak Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan ekspor serentak, yang pertama mendapat keuntungan adalah perekonomian Indonesia. Sebab, UMKM merupakan sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi. Berdasarkan data BKPM, UMKM mampu menyumbang produk domestik bruto (PDB) 61,7 persen.

Masuknya UMKM menjadi bagian dari kegiatan ekspor, kata dia, tentu akan membuat roda perekonomian mereka berputar. Sebab, barang yang dihasilkan bisa tersalurkan. Kemudian, dari kegiatan ekspor ini negara akan mendapatkan devisa dari kegiatan ekspor ini.

"Ekspor sendiri adalah bagian dari pemulihan ekonomi nasional. Dimana ketika ekspor meningkat yang pasti neraca perdagangan kita baik, ada devisa masuk," kata Alex.

Baca Juga: Kisah Tenun Bali Karya UMKM yang Dipinang Christian Dior

2. Pembukaan lapangan kerja

2 Keuntungan Kalau UMKM Bisa Ekspor Serentak IDN Times/Dhana Kencana

Keuntungan kedua yang didapat dari ekspor serentak adalah dari sisi tenaga kerja. Alex bilang, dengan berputarnya roda perekonomian UMKM tentu akan membutuhkan lapangan pekerjaan baru.

"Dari sinilah lapangan kerja baru diciptakan oleh UMKM. Pada akhirnya akan berdampak baik pada perekonomian masyarakat dan nasional," ujarnya.

Ia melanjutkan, UMKM menjadi penting karena UMKM penyumbang lapangan pekerjaan terbesar di Indonesia.

3. Janji Kementerian Perdagangan

2 Keuntungan Kalau UMKM Bisa Ekspor Serentak ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Kementerian Perdagangan berjanji akan terus memberikan dukungan penuh kepada pelaku UMKM yang berorientasi mengekspor barang atau produk olahan mereka, salah satunya melatih kemampuan mereka untuk ekspor. Apalagi dalam situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Kementerian Perdagangan punya program khusus untuk mendorong UMKM. Ada yang namanya pusat pengembangan ekspor Indonesia (PPEI). Jadi kami melatih skil agar UMKM dapat mengerti teknis ekspor, sampai mereka bisa melakukan ekspor, kemudian skil mereka," kata Alex.

Kemendag juga memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan desain, kemasan sampai olahan produk mereka. Hal ini agar produk UMKM mampu bersaing di pasar global.

"Kami suport disitu dan ini sudah berjalan. Harapannya bisa menjadi juara ekspor dan semakin banyak UKM Indonesia yang bisa mengakses pasar ekspor yang bernilai tambah. Sehingga bisa berkembang, dengan begitu ekonomi kita akan kuat," kata dia.

Baca Juga: UMKM The Kilisuci, Mengusung Kain Tradisional Kembali ke Pentas Global

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya