Comscore Tracker

Begini Perilaku Millennials Saat Belanja Online 

Ini tiga e-commerce paling besar menurut pelanggan

Jakarta, IDN Times - Industri toko online atau istilahnya e-commerce sekarang sudah berkembang pesat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, e-commerce ini semakin banyak, dari yang skala kecil hingga besar. Nah, apakah kamu tahu siapa saja e-commerce yang paling terkenal di masyarakat atau top of mind? 

MarkPlus, Inc selaku perusahaan konsultan marketing melakukan riset brand e-commerce mana saja yang paling menarik di mata masyarakat. Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden usia 19-35 tahun yang diambil dari kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar. 

"Pemilihan kota didasarkan pada kekuatan ekonomi kota dan penetrasi internet terbesar," kata Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus Irfan Setiawan di Philip Kotler Theater, Kasablanka, Jakarta, Kamis (7/11).

1. Perilaku millennials saat buka e-commerce

Begini Perilaku Millennials Saat Belanja Online IDN Times/Helmi Shemi

Hasil survei MarkPlus menyebut sebanyak 46,1 persen millennial mengakses e-commerce sebanyak empat kali dalam 3 bulan terakahir. Dan sebanyak 91,3 persen mengakses melalui HP mereka. 

Tak hanya akses melalui ponsel, aplikasi e-commerce pun cenderung digunakan ketika belanja online. 

"Sebanyak 49,8 persen responden lebih senang mengakses aplikasi mobile pada smartphone mereka," kata Irfan. 

Baca Juga: Semua Orang Bisa Memulai E-commerce, Ini 6 Caranya Menurut CEO SIRCLO

2. Tiga besar e-commerce di Indonesia

Begini Perilaku Millennials Saat Belanja Online IDN Times/Helmi Shemi

Survei juga menyebut ada 3 besar e-commerce yang paling populer di masyarakat, yakni Shopee, Lazada, dan Tokopedia. 

"Yang menjadi top of mind adalah Shopee dengan 31 persen, Lazada 20,3 persen dan Tokopedia 17,9 persen. Sementara yang paling banyak digunakan adalah Shopee dengan 37 persen, Lazada 20,2 persen, Tokopedia 20 persen," jelas Irfan. 

Namun perlu dicatat, 3 besar E-commerce ini berbeda di tiap kota. Misalkan saja di Jakarta, Tokopedia lebih populer dibanding Shopee. Ada juga Bukalapak yang masuk 3 besar di Makassar setelah Shopee dan Lazada. 

3. Yang menjadi pertimbangan berbelanja di E-commerce

Begini Perilaku Millennials Saat Belanja Online pexels.com

Ada 8 faktor yang memengaruhi millennial dalam berbelanja online. Pertama adalah banyak promo, harga produk lebih murah, reputasi yang baik, gratis ongkos kirim, tersedianya metode pembayaran, keamanan, pengiriman yang cepat dan aplikasi mobile yang mudah digunakan. 


Nah kalau kamu lebih suka akses e-commerce yang mana? 

Baca Juga: Inilah Pencapaian Tokopedia Selama 9 Tahun Hadir di Indonesia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You