Comscore Tracker

Cerita Petugas Keamanan KKP: Ada Perintah untuk Lockdown sejak Pagi

Mereka diminta melarang siapa pun untuk masuk ke kantor KKP

Jakarta, IDN Times - Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam kondisi lockdown sejak Rabu (25/11/2020) pagi. Seorang petugas keamanan di kantor KKP menceritakan bahwa dirinya diperintahkan untuk menutup seluruh akses ke gedung tersebut tanpa mengetahui alasannya. 

"Dari atasan tadi pagi di suruh lockdown. Gak tahu detailnya. Memang sempat beberapa kali disuruh lockdown," katanya kepada IDN Times

Petugas keamanan yang tidak ingin disebut namanya itu mengaku sebelumnya, kantor KKP memang sempat ditutup-buka lantaran ada salah seorang karyawan yang positif COVID-19.

1. Ketegangan karena kedatangan penyidik KPK

Cerita Petugas Keamanan KKP: Ada Perintah untuk Lockdown sejak PagiKantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan dijaga ketat oleh petugas keamanan (IDN Times/Shemi)

Lebih lanjut, ia membenarkan bahwa sempat terjadi ketegangan dengan penyidik KPK yang datang siang ini. Petugas keamanan sempat berdebat dengan penyidik KPK. Ia mengaku khawatir akan mendapat surat peringatan jika ada yang masuk ke kantor KKP, termasuk karyawan KKP. 

"Tadi sempat tegang sama KPK juga karena perintah dari atasan disuruh lockdown. Saya cuma khawatir kena SP aja, makanya tadi sempat tegang," ujarnya. 

Baca Juga: 17 Orang Ditangkap KPK, Termasuk Istri Edhy Prabowo dan Pejabat KKP

2. Karyawan tidak bisa sembarangan masuk

Cerita Petugas Keamanan KKP: Ada Perintah untuk Lockdown sejak PagiKantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan dijaga ketat oleh petugas keamanan (IDN Times/Shemi)

Dia menuturkan karyawan KKP pun tidak bisa masuk begitu saja. Mereka yang akhirnya diizinkan masuk, adalah karyawan yang membawa surat tugas. 

Berdasarkan pantauan IDN Times, hampir semua orang yang berniat masuk ke gedung KKP diperiksa terlebih dahulu, baik wartawan hingga kurir pengantar makanan. Pemeriksaan dilakukan di depan gerbang gedung Mina Bahari I hingga IV. 

3. Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK

Cerita Petugas Keamanan KKP: Ada Perintah untuk Lockdown sejak PagiEdhy Prabowo memegang udang di Pandeglang, Banten (Instagram.com/edhy.prabowo)

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa Edhy ditangkap karena ekspor benih lobster.

Kini Edhy sedang dimintai keterangan oleh penyidik KPK. Komisi antirasuah nanti akan mengumumkan hasil penangkapan tersebut ke publik. “Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” tambah Firli.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan selain Edhy, sejumlah orang yang turut ditangkap. Ghufron mengatakan Edhy ditangkap pada Rabu pukul 01.23 WIB. 

Baca Juga: 6 Kontroversi Edhy Prabowo dalam Setahun Pertama sebagai Menteri KKP

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya