Comscore Tracker

Fakta-fakta Bos Facebook Mark Zuckerberg, Orang Terkaya Keempat Dunia 

Jenius sejak kecil yang sering beramal dan hidup minimalis

Jakarta, IDN Times - 23 Mei lalu Forbes merilis daftar 25 orang terkaya di dunia. Bos Facebook. Mark Zuckerberg, menempati posisi keempat orang terkaya di dunia dengan harta kekayaaan sebesar U$86,5 miliar. Posisinya naik dari orang terkaya nomor 7 di daftar Billionairers Dunia Forbes pada 2020, yang diterbitkan pada awal April.

Zuckerberg mendapatkan pundi-pundi dolar terbanyak selama dua bulan terakhir (terhitung Maret hingga Mei 2020) di mana saham Facebook melonjak hampir 60 persen. Investor merespons positif debut Shops, sebuah upaya Facebook menjadi tuan rumah etalase digital untuk pemilik usaha kecil.

Zuckerberg yang berusia 36 tahun sekarang lebih kaya daripada Warren Buffett, pendiri Inditex Amancio Ortega dan salah seorang pendiri Oracle, Larry Ellison.

Nah berikut ini fakta-fakta tentang Zuckerberg yang belum diketahui banyak orang.

1. Jenius yang menciptakan banyak aplikasi sejak kecil

Fakta-fakta Bos Facebook Mark Zuckerberg, Orang Terkaya Keempat Dunia instagram.com/zuck

Baca Juga: Setengah Pegawai Facebook Bakal WFH Sampai 2030

Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Ketika berusia 12 tahun, ia menciptakan program pengiriman pesan instan yang ia sebut ZuckNet menggunakan Atari BASIC. Aplikasi ini membuat resepsionis dapat memberi tahu ayahnya yang bekerja sebagai dokter gigi kalau ada pasien baru tanpa berteriak di seberang ruangan. Keluarganya juga menggunakan Zucknet untuk berkomunikasi di dalam rumah.

Ketika masih di sekolah menengah, ia menciptakan versi awal perangkat lunak musik Pandora yang ia sebut Synapse.

Beberapa perusahaan, termasuk AOL dan Microsoft menyatakan minat untuk membeli perangkat lunak itu, dan mempekerjakan Zuckerberg sebelum lulus, namun ia menolak tawaran itu.

Sementara di Universitas Harvard pada 2003, Zuckerberg membuat situs web bernama FaceMash. Ini adalah jenis situs seperti Tinder, di mana pengguna memilih individu yang paling tampan dari berbagai gambar mahasiswa asrama Harvard.

Sayang, hanya beberapa hari setelah peluncuran, sekolah menutupnya karena menganggap FaceMash melanggar privasi dan keamanan individu. Zuckerberg harus mengeluarkan permintaan maaf publik untuk situs web.

Menariknya, kode di balik FaceMash mengarah pada pembuatan Facebook. Tidak lama setelah ditutup, facemask dijual di situs lelang situs web seharga U$30.000.

2. Zuckerberg buta warna dan menguasai 6 bahasa

Fakta-fakta Bos Facebook Mark Zuckerberg, Orang Terkaya Keempat Dunia Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg (Facebook.com/Zuck)

Tahukah kamu kalau pemilihan warna logo Facebook adalah karena Zuckerberg buta warna? Ya, Zuckerberg Sejak lahir menderita jenis buta warna merah-hijau, di mana ia bisa melihat warna biru yang terbaik.

Akibatnya, skema warna Facebook dibuat dalam warna biru yang bisa ia lihat dengan mudah. Warna biru sejak itu menjadi identik dengan Facebook dan representasi visual yang sempurna dari gaya dan strategi branding ini.

Namun ada juga rumor beredar di internet bahwa alasan Facebook memiliki warna ini adalah karena Zuckerberg berwarna biru di wajahnya.

Tak hanya soal aplikasi, Zuckerberg juga selalu tertarik pada bahasa kuno seperti Latin, dan dia bisa berbahasa Mandarin. Ia juga bisa bahasa Inggris, Ibrani, Prancis, dan Yunani.

3. Si minimalis yang sering beramal

Fakta-fakta Bos Facebook Mark Zuckerberg, Orang Terkaya Keempat Dunia Instagram.com/zuck

Setiap hari dalam seminggu, Zuckerberg selalu tampil dengan kaus abu-abu, hoodie, celana jins dan beberapa sepatu kets Nike.

Ada alasan dia memakai hal yang sama setiap hari. Dalam tanya jawab 2014, ketika ditanya tentang pakaiannya yang sederhana, Zuckerberg berkata, "Saya benar-benar ingin menjernihkan hidup saya untuk membuatnya sehingga saya hanya membuat keputusan mungkin tentang apa pun, kecuali bagaimana cara terbaik melayani komunitas (Facebook) ini."

Kesederhanaannya juga terlihat ketika ia menikah dengan Priscilla di halaman belakang rumahnya yang bernilai US$7 juta. Ia bahkan hanya menyajikan menu sederhana dengan makanan khas Meksiko dan sushi.

Meski begitu, Zuckerberg telah menggunakan jutaan uangnya untuk mendanai berbagai tujuan filantropis. Contoh paling terkenal datang pada September 2010, ketika dia menyumbangkan U$100 juta untuk menyelamatkan sistem Sekolah Umum Newark yang gagal di New Jersey.

Kemudian, pada bulan Desember 2010, Zuckerberg menandatangani "Giving Pledge", berjanji untuk menyumbangkan setidaknya 50 persen dari kekayaannya untuk amal selama masa hidupnya.

Pada November 2015, Zuckerberg dan istrinya juga berjanji dalam surat terbuka kepada putri mereka bahwa mereka akan memberikan 99 persen saham Facebook mereka untuk amal.

Lalu pada September 2016, Zuckerberg dan Priscilla mengumumkan bahwa Zuckerberg Initiative (CZI), perusahaan tempat mereka menaruh saham Facebook, akan menginvestasikan setidaknya U$3 miliar ke dalam penelitian ilmiah selama dekade berikutnya untuk membantu menyembuhkan, mencegah dan mengelola semua penyakit  anak-anak.

Baca Juga: Karyawan Berontak terhadap Zuckerberg, Begini Tanggapan Facebook 

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya